Anak Risma Maju Pilwali Surabaya, Pakar Sindir Kekuasaan Seperti Minum Air Laut

Amir Baihaqi - detikNews
Jumat, 14 Agu 2020 23:30 WIB
fuad benardi, anak wali kota risma
Fuad Benardi (Foto: Deny Prastyo Utomo/detikcom)
Surabaya -

Fuad Benardi, anak Wali Kota Tri Rismaharini menyatakan siap maju di Pilkada Surabaya 2020. Putra sulung Wali Kota Risma itu mengaku siap jika dicalonkan sebagai Calon Wakil Wali Kota jika mendapat rekomendasi dari DPP PDIP.

Pakar Psikologi Politik Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya Andik Matulessy menilai jika hal itu terjadi, maka politik dinasti akan mewarnai Pilkada Surabaya 2020. Dia juga mengaku tidak setuju degan politik dinasti.

"Saya termasuk yang menolak politik dinasti dalam pilkada. Karena banyak yang mengandalkan nama dinastinya daripada kompetensi sebagai pemimpin," tegas Andik saat berbincang dengan detikcom, Jumat (14/8/2020).

Menurut Andik, meskipun mengaku siap maju sebagai kader partai, namun anak Wali Kota Risma dinilai belum punya cukup jejak politik. Apalagi dia juga tidak mendaftar saat penjaringan calon sebelumnya.

"Semua pasti merasa siap untuk menjadi wali kota atau wakil, apalagi ada dukungan dari petahana. Namun demikian secara riil konstelasi politik tidak memungkinkan tokoh tanpa jejak politik akan didukung oleh parpol," jelas Andik.

"Calon pemimpin harus memiliki jejak politik atau jejak karir yg memadai karena memimpin sebuah daerah tentu membutuhkan kompetensi, komunikasi, negosiasi, political power dan berbagai kekuatan penting lainnya," imbuhnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2