Polisi Jombang Bikin Rumah Pintar Semeru untuk Siswa Belajar Daring

Enggran Eko Budianto - detikNews
Jumat, 14 Agu 2020 18:45 WIB
polres jombang
Rumah Pintar Semeru Polres Jombang (Foto: Enggran Eko Budianto)
Jombang -

Belajar daring para siswa di Desa Marmoyo, Kecamatan Kabuh, Jombang terkendala terbatasnya ponsel pintar dan sinyal internet. Polres Jombang pun membuat Rumah Pintar Semeru untuk mengatasi persoalan tersebut.

Rumah Pintar Sehat aman tertib dan rukun (Semeru) itu dibuat dengan menempati rumah salah seorang warga Desa Marmoyo. Rumah berdinding papan kayu itu dibersihkan, lalu dipasang karpet lantai dan meja belajar.

"Rumah warga dipinjamkan ke kami, lalu kami bersihkan, kami pasang karpet dan meja belajar," kata Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho kepada detikcom, Jumat (14/8/2020).

Desa Marmoyo berjarak sekitar 25 kilometer dari pusat kota Kabupaten Jombang. Dibutuhkan sekitar satu jam perjalanan untuk sampai di desa ini. Sinyal internet sangat terbatas di kampung berpenduduk 1.100 jiwa ini karena dikelilingi hutan yang lebat.

Akibatnya, para siswa di kampung ini kesulitan belajar secara daring. Oleh sebab itu, lanjut Agung, pihaknya memasang wi-fi di Rumah Pintar Semeru Desa Marmoyo. Sehingga para siswa bisa mengerjakan tugas sekolah tanpa terkendala sinyal internet.

"Kami pasang wi-fi gratis agar anak-anak di Desa Marmoyo bisa belajar daring bersama-sama di Rumah Pintar Semeru ini," terangnya.

Mulai hari ini, Rumah Pintar Semeru sudah ramai dikunjungi siswa. Terdiri dari 17 siswa SD, 7 siswa SMP dan 7 siswa SMA. Didampingi Bhabinkamtibmas Desa Marmoyo, mereka belajar bersama secara daring.

"Bhabinkamtibmas kami tugaskan untuk membantu para orang tua siswa yang kesulitan IT. Supaya mereka diajari cara mengunduh tugas sekolah dan mengirim tugas tersebut," ungkap Agung.

Ia menambahkan, Polres Jombang akan melengkapi Rumah Pintar Semeru dengan buku-buku bacaan. Sebuah televisi pintar (Smart TV) akan dipasang di tempat ini untuk membantu para siswa yang tidak mempunyai ponsel pintar. Televisi tersebut bakal disambungkan dengan sebuah ponsel pintar sehingga tugas sekolah bisa dilihat semua siswa.

"Ke depan akan kami pasang TV agar anak-anak yang tidak mempunyai ponsel pintar tetap bisa belajar daring," tandasnya.

Tonton video 'Mendikbud Izinkan Dana BOS untuk Beli Kuota Internet Murid':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)