SMKN 6 Surabaya Gelar Simulasi Belajar Tatap Muka, Hasilnya?

Faiq Azmi - detikNews
Rabu, 12 Agu 2020 19:21 WIB
SMKN 6 Surabaya Gelar Simulasi Pembelajaran Tatap Muka
Simulasi belajar tatap muka (Foto: Faiq Azmi/detikcom)
Surabaya -

SMKN 6 Surabaya menggelar simulasi belajar tatap muka yang rencananya dimulai 18 Agustus mendatang. SMKN 6 menjadi salah satu pilot project pembukaan kegiatan sekolah tatap muka tingkat SMA/SMK di Jawa Timur, khususnya Surabaya.

Sejumlah simulasi protokol kesehatan dilakukan mulai dari petunjuk arah masuk dan keluar di sekolah. Lalu pengecekan suhu, physical distancing hingga cuci tangan sebelum masuk kelas. Para siswa dan guru memperagakan simulasi tersebut.

Kepala SMKN 6 Surabaya Bahrun mengatakan simulasi itu dilakukan untuk mengetahui kesiapan dan kekurangan pihak sekolah dalam penyelenggaraan pembelajaran tatap muka.

"Ini simulasi di SMKN 6 Surabaya tentang protokol kesehatan yang kita siapkan. Karena penerapan protokol kesehatan tidak hanya dilakukan di lingkungan sekolah, melainkan juga sejak saat siswa berangkat dari rumah," ujar Kepala SMKN 6 Surabaya Bahrun di lokasi, Rabu (12/8/2020).

Pihaknya sempat melakukan simulasi pada hari Selasa (11/8). Bahrun mengaku masih banyak yang harus dievaluasi untuk membuka kegiatan belajar tatap muka di SMKN 6. Evaluasi tersebut salah satunya masih ada potensi penumpukan siswa saat jam pulang sekolah. Karena ada siswa yang dijemput dan bawa motor sendiri.

"Ini akan kita evaluasi agar tetap tertib dan menjaga jarak," imbuhnya.

Bahrun mengatakan pihaknya menyediakan 9 thermo gun dan 30 lebih wastafel di sudut sekolah. Namun evaluasi lain yakni penempatan wastafel dan tingkat kesadaran siswa untuk menjaga jarak masih minim. "Memang ini kebiasaan baru. Karena masih belum terbiasa, jadi guru-guru juga sering mengingatkan untuk tetap menjaga jarak," imbuhnya.

Menurutnya dengan waktu simulasi selama empat hari ini, pihaknya akan membuat pola yang berbeda setiap harinya. Hal ini didasarkan pada evaluasi yang dilakukan setiap harinya. Selain itu, pihaknya juga terus mencari formula agar kesehatan siswa dan guru juga tetap terjamin.

Tonton video 'Sekolah di Zona Kuning dan Hijau Boleh Belajar Tatap Muka, Tapi...':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2