Di Surabaya, Ada Kampung 'Wuhan' Ikut Peringati HUT ke-75 RI

Esti Widiyana - detikNews
Rabu, 12 Agu 2020 15:57 WIB
Ada Kampung Wuhan di surabaya Untuk Rayakan HUT ke-75 RI
Ada Kampung Wuhan di Surabaya (Foto: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Memperingati HUT ke-75 RI, kampung-kampung di Surabaya mulai bersolek. Salah satunya kampung RT 04 Mulyorejo Selatan Baru. Mereka menghias kampungnya dengan pernik-pernik dan ornamen Wuhan, Wuhan diketahui negara pertama kali yang terkena wabah virus COVID-19.

Namun bagi warga di kampung tersebut, nama Wuhan sendiri dijadikan semangat bagi warga saat perayaan 17 Agustus untuk bangkit dari keterpurukan wabah COVID-19.

Ketua RT 04 Mulyorejo Selatan Baru, Surabaya, Achmad Arianto (28) menceritakan awal mula kampungnya berubah identik warna merah ini karena memiliki banyak lampion. Namun tidak tahu akan difungsikan sebagai apa. Hingga akhirnya menjelang HUT RI lampion itu tetep terbengkalai.

Akhirnya, muncullah ide dibuat Kampung Cina. Ide itu muncul tak sengaja dari hasil cangkrukan bersama bapak-bapak saat malam hari. Setelah diaplikasikan dan menghias kampung dengan warna merah, mereka pun mengusulkan mengambil tema 'Wuhan'.

"Masyarakat di sini dulu ada beberapa yang positif (COVID-19). Mereka ingin sembuh, ada yang nggak pingin lockdown, PSBB. Di sini baru dua minggu zona hijau," kata Arianto kepada detikcom saat dikonfirmasi, Rabu (12/8/2020).

"Dikasih nama Kampung Wuhan biar sehat semua, perekonomian membaik, tidak ada yang sakit dan semangat luar biasa sekali dari warga. Apa lagi anak-anak muda, berkaitan dengan hal-hal positif pasti disupport," ujarnya.

Mulanya, di Kampung Wuhan ini dipasangi lampion dibentangkan di tiang, kemudian sangkar burung warna-warni di pohon. Kemudian jalanan di gang itu dicat berbagai warna dan gambar.

Selanjutnya
Halaman
1 2