Terpidana Korupsi P2SEM Surabaya Ditangkap Setelah Buron 10 Tahun

Yakub Mulyono - detikNews
Selasa, 11 Agu 2020 14:57 WIB
Kejari Jember tangkap Terpidana kasus korupsi P2SEM
Kejari Jember tangkap Terpidana kasus korupsi P2SEM (Foto: Istimewa)
Jember -

Terpidana kasus korupsi Program Penanganan Sosial Ekonomi Masyarakat (P2SEM) ditangkap tim gabungan Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya dan Jember. Terpidana warga Jember ini ditangkap setelah buron selama 10 tahun.

"Ditangkap sekitar pukul 6 pagi tadi di rumahnya," ujar Kasi Intel Kejari Jember Agus Budiarto, Selasa (11/8/2020).

Terpidana kasus korupsi program Pemprov Jatim tahun 2008 ini diketahui bernama Ahmad Fauzi Zamroni. Dia merupakan warga Dusun Sumberan, Desa Karang Anyar, Kecamatan Ambulu.

"Sekarang sudah ditahan di Lapas Jember. Tapi belum tahu apakah nantinya akan ditahan di sini ataukah di Surabaya. Sebab yang menangani kasus ini Kejari Surabaya. Kita hanya memback-up saja," terang Agus.

Data yang diperoleh detikcom menyebutkan, Ahmad Fauzi divonis 6 tahun penjara oleh Pengadilan Negeri (PN) Surabaya pada 2010 silam. Dia dinyatakan terbukti bersalah melakukan korupsi program P2SEM.

Selain vonis penjara, Ahmad Fauzi juga diwajibkan membayar denda Rp 50 juta subsider 4 bulan penjara. Ahmad Fauzi juga harus membayar uang pengganti sebesar Rp 415 juta.

Kejari Surabaya saat itu tidak bisa langsung melakukan eksekusi karena keberadaan Ahmad Fauzi tidak terdeteksi. Bahkan akhirnya Kejari Surabaya memasukkan pria itu ke dalam Daftar Pencarian Orang (DPO). Dan akhirnya Kejari Surabaya mendapat informasi keberadaan Ahmad Fauzi di rumahnya. Setelah 3 hari melakukan pemantauan, Kejari Surabaya bersama Kejari Jember akhirnya melakukan penangkapan Ahmad Fauzi.

(fat/fat)