Polisi Jombang Selidiki Kasus Ibu Melahirkan Sendiri hingga Bayinya Meninggal

Enggran Eko Budianto - detikNews
Selasa, 11 Agu 2020 12:12 WIB
Seorang ibu melahirkan sendiri di Rumah Sakit Pelengkap Medical Center (RS PMC) Jombang. Akibatnya, bayi perempuan yang dia lahirkan meninggal.
Rumah Sakit Pelengkap Medical Center (RS PMC) Jombang/Foto file: Enggran Eko Budianto
Jombang -

Polres Jombang menyelidiki kasus ibu melahirkan sendiri di Rumah Sakit Pelengkap Medical Center (RS PMC) hingga bayinya meninggal. Hanya saja, penyelidikan polisi menunggu hasil audit maternal perinatal (AMP).

"Kami masih lidik (penyelidikan). Tahap kami penyelidikan ini kemarin masih sebatas konfirmasi ke pihak rumah sakit. Benar apa tidak kejadian itu, ternyata benar," kata Kasat Reskrim Polres Jombang AKP Christian Kosasih saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (11/8/2020).

Ia menjelaskan, penyelidikan yang dilakukan Satreskrim Polres Jombang belum menginjak tahap pemeriksaan saksi-saksi maupun pengumpulan bukti-bukti lainnya. Karena pihaknya ingin lebih dulu memastikan ada atau tidaknya unsur pidana pada kasus ibu berinisial DR (27), yang melahirkan tanpa dibantu tenaga kesehatan di RS PMC, hingga bayinya meninggal dunia.

Untuk memperoleh kepastian tersebut, lanjut Christian, pihaknya menunggu hasil audit yang digelar Tim AMP Kabupaten Jombang. Tim ini beranggotakan Dinas Kesehatan, dokter spesialis kandungan dan anak, serta organisasi profesi seperti Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI).

"Apabila dari audit itu ditemukan indikasi inprosedural, kami bakal masuk (melakukan penyelidikan dan penyidikan). Kami menunggu hasil audit dari tim AMP. Itu akan menjadi dasar kami masuk," tegasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2