Ibu Melahirkan Sendiri di RS Jombang hingga Bayi Meninggal, Ini Pinta Keluarga

Enggran Eko Budianto - detikNews
Sabtu, 08 Agu 2020 16:09 WIB
Ibu melahirkan sendiri tanpa bantuan tenaga medis di Rumah Sakit Pelengkap Medical Center (RS PMC), Jombang hingga bayinya meninggal. Kelalaian pihak rumah sakit dinilai menjadi penyebab meninggalnya bayi perempuan tersebut, sehingga terdapat unsur pidana dalam kasus ini.
BK (29) datang ke kantor dewan untuk menceritakan proses persalinan istrinya di RS PMC (kiri)/Foto: Enggran Eko Budianto
Jombang -

Ibu melahirkan sendiri tanpa bantuan tenaga medis di Rumah Sakit Pelengkap Medical Center (RS PMC), Jombang hingga bayinya meninggal. Keluarga korban meminta dokter dan perawat yang bertugas saat persalinan meminta maaf.

Permintaan itu disampaikan suami ibu berinisial DR (27), BK (29) usai menceritakan persoalan yang menimpa istri dan bayinya ke anggota Komisi D DPRD Jombang. Warga Desa Gedangan, Kecamatan Sumobito ini meminta pihak RS PMC meminta maaf kepada keluarganya.

"Kemarin memang perwakilan rumah sakit sudah datang ke rumah untuk meminta maaf. Tapi belum cukup karena belum ada pihak terkait. Yaitu dokter dan perawat yang waktu itu jaga menemui saya," kata BK kepada wartawan di kantor DPRD Jombang, Jalan KH Wahid Hasyim, Sabtu (8/8/2020).

Saat berkunjung ke rumahnya, lanjut BK, perwakilan RS PMC mengajak dirinya untuk menyelesaikan kasus ini secara kekeluargaan. Namun, pihaknya belum bersedia menerima permintaan maaf tersebut.

"Saya mintanya saya ingin tahu kronologi meninggalnya anak saya bagaimana. Karena di surat kematiannya tidak tertulis. Saya maunya yang bersangkutan (dokter dan perawat yang bertugas menangani persalinan istrinya) meminta maaf ke istri dan mertua saya. Pihak Dinas Kesehatan memberikan hukuman atau apa, terserah," tegasnya.

BK menjelaskan, permintaan maaf dari RS PMC sebenarnya akan disampaikan langsung ke keluarganya hari ini. Namun, rencana tersebut urung terlaksana karena istrinya masih trauma.

Selanjutnya
Halaman
1 2