Pabrik Bioetanol di Mojokerto Meledak, Warga Berhamburan

Enggran Eko Budianto - detikNews
Senin, 10 Agu 2020 17:17 WIB
Pabrik Bioetanol di Mojokerto Meledak,
Pabrik Bioetanol meledak (Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom)
Mojokerto -

Pabrik bioetanol PT Energi Agro Nusantara (Enero) di Kabupaten Mojokerto meledak. Dua kali ledakan besar dari pabrik di Desa Gempolkrep, Kecamatan Gedeg, ini membuat warga sekitar berhamburan menyelamatkan diri.

Warga Dusun Sukosewu, Desa Gempolkrep Samian (64) mengatakan, ledakan pabrik Bioetanol terjadi sekitar pukul 15.15 WIB. Saat itu dirinya sedang menunaikan salat Ashar di dalam rumahnya. Rumah Samian hanya sekitar 20 meter dari sumber ledakan.

"Terjadi dua kali ledakan. Ledakannya sangat kencang, lantai rumah saya sampai bergetar," kata Samian kepada detikcom di lokasi kejadian, Senin (10/8/2020).

"Begitu ledakan kedua terjadi, warga langsung semburat (berhamburan) menyelamatkan diri," terangnya.

Pantauan detikcom di lokasi, api masih berkobar di dalam pabrik bioetanol. Di dekat kobaran api, terdapat sebuah tangki besar yang rusak parah. Diduga kuat tangki inilah yang meledak.

Hingga pukul 16.40 WIB, dua mobil PMK berada di bagian belakang PT Enero, atau di Dusun Sukosewu. Petugas berjibaku memadamkan api dari balik tembok pabrik. Pemadaman api juga dilakukan dari dalam area pabrik.

Tonton video 'Penampakan dari Udara Kebakaran Pabrik Mebel di Cakung':

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)