Penyelundupan 41 Ribu Benih Lobster Digagalkan di Trenggalek

Adhar Muttaqin - detikNews
Minggu, 09 Agu 2020 15:58 WIB
Polisi Trenggalek menggagalkan upaya penyelundupan 41.786 benur atau benih lobster yang hendak dikirim ke Pacitan. Pengiriman benur menggunakan MPV tersebut tanpa dilengkapi surat-surat yang sah.
Benih lobster yang hendak dikirim ke Pacitan/Foto: Adhar Muttaqin
Trenggalek -

Polisi Trenggalek menggagalkan upaya penyelundupan 41.786 benur atau benih lobster yang hendak dikirim ke Pacitan. Pengiriman benur menggunakan MPV tersebut tanpa dilengkapi surat-surat yang sah.

Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring mengatakan, 41 ribu benih lobster tersebut diamankan dari sebuah mobil Toyota Innova bernomor polisi AE 1429 XB. Mobil itu dikemudikan Arif Nugroho, warga Pacitan. Mobil itu diadang di check point COVID-19 di Kecamatan Panggul, Trenggalek.

"Awalnya kami mendapat informasi dari masyarakat terkait adanya penyelundupan benur. Kemudian kami tindaklanjuti dan kami lakukan pengadangan di check point Panggul. Ternyata benar. Di dalam mobil Innova tersebut ada 9 boks yang berisi benur," kata Doni, Minggu (9/8/2020).

Saat dilakukan pemeriksaan di lokasi penangkapan, Arif tidak dapat menunjukkan surat-surat sah terkait perdagangan benur, seperti aturan dalam perundang-undangan yang berlaku.

"Dia tidak punya administrasi yang disyaratkan DKP yaitu surat keterangan asal benih (SKAB). Ini rencananya mau dikirim ke pengepulnya saudara Fery di Pacitan," tambahnya.

Doni menambahkan, 41 ribu benih lobster tersebut terdiri dari dua jenis. Sebanyak 39.576 jenis pasir dan 2.210 jenis mutiara. Barang tersebut diduga didapatkan dari para nelayan di Kecamatan Panggul.

Terkait penangkapan tersebut, saat ini ditangani Satreskrim Polres Trenggalek guna proses penyidikan lebih lanjut. Sedangkan puluhan ribu benur hasil tangkapan kini dilepasliarkan di perairan selatan Trenggalek.

Tonto video 'Soal Lobster, Susi Pudjiastuti: Tangkap Emaknya, Jangan Bibitnya':

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)