Polisi Gagalkan Penyelundupan Benih Lobster ke Vietnam Senilai Rp 1,5 M

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Senin, 02 Des 2019 15:22 WIB
Konferensi pers Polda Jatim soal penyelundupan benih lobster/Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Polda Jatim menggagalkan penyelundupan benih lobster atau benur sebanyak 10.278 ekor ke Vietnam. Jika dihitung, benur ini senilai Rp 1,5 miliar.

Direskrimsus Polda Jatim Kombes Gidion Arif Setiawan mengatakan, benih ini dikirim melalui Singapura, sebelum ke Vietnam. Sementara tersangka penyelundupan benur ini merupakan residivis kasus yang sama.

Gidion menambahkan, tersangka yakni Dwi Puji Kurniawan alias Wawan, warga Desa Prigi, Kecamatan Watu Limo, Trenggalek. Sebelumnya, Wawan pernah ditahan dan menjalani pidana kasus penyelundupan benur.


"Tersangka atas inisial WW (Wawan) ini residivis dalam kasus yang sama. Kasusnya sudah inkrah," kata Gidion saat rilis di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Senin (2/12/2019).

Dalam kasus ini, WW mengutus dua warga Pacitan, Anggit Handoyo Putro dan Nurcahyo Wijianto untuk mengirimkan Benur ke kawasan Jawa Barat melalui jalan tol. Namun saat di jalan tol Ngawi, kedua tersangka dicegat oleh petugas.

Polisi langsung menggeledah mobil yang dibawa keduanya dan mendapati puluhan ribu benur. Benur-benur ini pun sudah ditempatkan di wadah khusus siap antar.
Selanjutnya
Halaman
1 2