Jadi Klaster COVID-19, Pabrik Udang di Situbondo Pastikan Tak Ada PHK

Ghazali Dasuqi - detikNews
Sabtu, 08 Agu 2020 12:56 WIB
Sebanyak 35 karyawan pabrik pengolahan udang di Situbondo bisa kembali masuk kerja hari ini. Mereka dinyatakan sembuh dari COVID-19.
Tasyakuran di halaman PT Panca Mitra Multi Perdana (PMMP)/Foto: Ghazali Dasuqi
Situbondo -

Sebanyak 35 karyawan pabrik pengolahan udang di Situbondo bisa kembali masuk kerja hari ini. Mereka dinyatakan sembuh dari COVID-19.

Bahkan, pihak perusahaan sengaja menggelar tasyakuran untuk menyambut masuknya kembali para karyawan. Tak hanya karyawan sembuh saja, ratusan karyawan lain yang sempat 'diistirahatkan' karena reaktif saat rapid test, juga disambut dengan suka cita. Tasyakuran digelar dengan pembacaan istigosah bersama dan potong tumpeng, di halaman PT Panca Mitra Multi Perdana (PMMP), Desa Landangan, Kecamatan Kapongan.

"Ini tasyakuran menyambut karyawan karyawati kami, yang sudah menjalani karantina dan isolasi mandiri. Kami bersyukur mereka sembuh. Sesuai komitmen perusahaan, mereka bisa kembali bekerja. Tidak ada PHK bagi mereka," kata Manajer HRD dan General Affair PT PMMP, Eko Kridarso kepada wartawan, Sabtu (8/8/2020).

Eko menyampaikan, penyebutan perusahaan pengolahan udang sebagai klaster COVID-19 dianggapnya kurang tepat. Sebab, sejak awal pihak perusahaan sudah melakukan langkah preventif. Mulai pengecekan suhu tubuh, memberikan vitamin dan masker, hingga menggelar tes swab dan rapid test terhadap ribuan karyawan. Tes dilakukan untuk mengetahui karyawan yang berpotensi terpapar virus Corona.

"Kalau tidak begitu, kita tidak akan tahu. Nah, begitu tahu ada yang berpotensi dan terpapar, kita bisa segera melakukan langkah-langkah sesuai penanganan yang disarankan pemerintah. Ini mestinya patut diapresiasi, bukan malah di-bully," tandas Eko.

Menurut dia, ada banyak karyawan yang diistirahatkan dalam rangka antisipasi penyebaran COVID-19. Mereka menjalani isolasi mandiri hingga karantina bagi yang terkonfirmasi positif. Selama masa 'diliburkan', pihak perusahaan juga tetap menunjukkan komitmen dan perhatiannya. Termasuk dengan memberikan bantuan logistik, uang tunai, masker, vitamin dan lainnya.

Tonton juga 'Jokowi Tak Ingin Pilkada 2020 Jadi Klaster Baru Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2