Positif COVID-19 Warga Bondowoso Asal Klaster Pabrik Udang Bertambah 100 Orang

Chuk Shatu Widarsa - detikNews
Rabu, 05 Agu 2020 15:21 WIB
Angka Positif COVID-19 Warga Bondowoso asal Klaster Pengolahan Udang Situbondo Terus Meroket
Foto: Chuk Shatu Widarsha
Bondowoso -

Jumlah positif COVID-19 di Bondowoso makin meroket. Dalam 3 hari, pertambahannya mencapai lebih 100 orang. Semua berasal dari klaster Pabrik Udang Situbondo.

Mereka yang terkonfirmasi positif semuanya merupakan karyawan pabrik pengolahan udang Situbondo berasal dari beberapa kecamatan di Bondowoso. Setiap hari mereka memang pulang pergi ke tempat kerjanya di Situbondo.

"Kemungkinan besar masih akan bertambah terus," kata Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Bondowoso, dr Mohamad Imron, dikonfirmasi detikcom di posko, Rabu (5/8/2020).

Menurut Imron, hingga saat ini pihaknya telah melakukan swab sebanyak 467 karyawan pabrik pengolahan udang Situbondo tersebut. Sampel tersebut selanjutnya dikirim ke RSDK dan BBLK Surabaya untuk diuji hasilnya.

"Kita menunggu hasil swab tersebut dengan harap-harap cemas. Karena dari jumlah yang diswab itu sebelumnya memang dari hasil rapid reaktif," papar Kepala Dinas Kesehatan ini.

Data didapat, saat ini di Bondowoso ada 177 positif COVID-199. Dari jumlah itu, 50 dinyatakan sembuh, 1 meninggal. 126 dirawat di Klinik Paru Jantung dan RSUD dr Koesnadi, serta 70 suspect.

Informasi terbaru, ada 1.945 warga Bondowoso yang bekerja di pabrik pengolahan udang, PT Panca Mitra Multi Perdana (PMMP) Situbondo. Mereka berasal dari sejumlah kecamatan yang ada di wilayah Bondowoso.

Dari jumlah itu, sebanyak 1.187 sudah dilakukan rapid test. Hasilnya, 467 di antaranya dinyatakan reaktif. Mereka yang dinyatakan reaktif langsung dilakukan swab. Hasilnya keluar secara bertahap.

(fat/fat)