Ibu Melahirkan Sendiri di RS Swasta Jombang, Ini soal Bayi yang Meninggal

Enggran Eko Budianto - detikNews
Jumat, 07 Agu 2020 20:22 WIB
Seorang ibu melahirkan sendiri di Rumah Sakit Pelengkap Medical Center (RS PMC) Jombang. Akibatnya, bayi perempuan yang dia lahirkan meninggal.
Rumah Sakit Pelengkap Medical Center (RS PMC) Jombang/Foto: Enggran Eko Budianto

"Kami sudah melakukan RJP (resusitasi jantung paru) selama dua siklus. Dari situ memang (bayi DR) tidak bisa diselamatkan. Kalau kami tidak menolong kami tidak mungkin melakukan RJP," terang dr Bani.

Dr Bani belum bisa memastikan penyebab meninggalnya bayi DR. Dia juga belum bersedia memberi penjelasan terkait tidak adanya tenaga kesehatan RS PMC yang membantu persalinan DR.

"Kita tunggu hasil auditnya saja. Saya juga belum mengetahui ke arah sana," lanjutnya.

Manajemen RS PMC telah melaporkan kematian bayi DR ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jombang. Sehingga Dinkes melakukan audit terhadap kasus ini. Audit juga dilakukan secara internal oleh rumah sakit swasta tersebut.

DR melahirkan sendiri anak keduanya di ruangan Darusallam RS PMC tanpa dibantu petugas medis. Saat itu, dia hanya ditemani ibu kandungnya, AL (63). Dia dipindahkan ke ruang isolasi Darusallam karena reaktif saat di-rapid test di IGD.

Perempuan yang berprofesi sebagai perawat di sebuah rumah sakit swasta di Jombang ini menyebut, petugas medis baru memberikan pertolongan sekitar 30 menit setelah bayinya lahir. Yakni sekitar pukul 05.00 WIB. Saat itu, petugas medis RS PMC memastikan buah hati DR sudah meninggal dunia.

Padahal, AL sudah berusaha meminta pertolongan ke perawat sejak bayi perempuan itu baru terlihat rambutnya. Sedangkan DR sudah banyak mengeluarkan air ketuban yang berwarna keruh. Namun, perawat RS PMC meminta mereka menunggu hingga pukul 09.00 WIB dengan alasan masih tahap observasi.

Halaman

(sun/bdh)