Dukun Cabul Masukkan Telur ke Kemaluan Lukai Wajah, Psikolog: Ada Gejala Psikopat

Amir Baihaqi - detikNews
Jumat, 07 Agu 2020 18:16 WIB
Dukun Cabul Modus Masukkan Telur ke Kemaluan Pasien Resmi Ditahan
Dukun cabul masukkan telur ke kemaluan ditangkap (Foto: Ghazali Dasuqi/detikcom)
Surabaya -

ARF (40), dukun cabul yang memasukkan telur ke kemaluan pasien nekat melukai wajahnya untuk mengelabuhi petugas selama pelarian. Kenapa hal itu dilakukan pria asal Bondowoso tersebut?

Psikolog Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya Herlan Pratikto menjelaskan aksi yang dilakukan banyak menyimpang. Bahkan tersangka ada kecenderungan sebagai seorang psikopat.

"Memang untuk mendiagnosis (psikopat) itu tak mudah. Tapi saya yakin ada gangguan. Dan kalau saya lebih cenderung pada psikopat," jelas Herlan kepada detikcom saat dikonfirmasi, Jumat (7/8/2020).

"Lebih-lebih dia punya cara yang luar biasa itu dengan merusak wajah untuk mengelabuhi. Itu cara-cara pikir yang tidak umum dan tidak logis itu," lanjutnya.

Menurut Herlan, gejala psikopat pada tersangka bisa dilihat dari aksi pengobatannya yang memasukkan telur ke kelamin yang dilakukannya. Dan ia juga nekat memanipulasi diri selama pelarian dengan menyiram air panas untuk mengelabuhi.

"Karena gini, pertama, tentunya dia berprofesi sebagai dukun dengan cara memasukkan telur itu sendiri sudah tergolong tak umum. Itu kan pemuasan dirinya sendiri. Itu salah satu dari gejala penyimpangan cara berpikir," terangnya.

"Kedua, karena ini sudah berlangsung lama, dia sudah benar-benar menikmati itu. Sehingga dia merasa nggak salah. Dalam konteks mempengaruhi orang juga luar biasa. Tapi kan itu manipulasi saja dari dia," imbuhnya.

"Sehingga ketika ada laporan ke polisi dia mulai mencari cara. Nah, cara ini saja sudah menunjukkan upaya untuk mengelabuhi orang lagi," tutur Herlan.

Tonton video 'Kasus Dukun Masukkan Telur ke Kemaluan, Pelaku Kabur Diburu Polisi':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2