Labfor akan Didatangkan Ungkap Kerangka Manusia di Hutan Baluran Situbondo

Ghazali Dasuqi - detikNews
Jumat, 07 Agu 2020 10:42 WIB
Penemuan Kerangka Manusia di hutan baluran
Penemuan kerangka manusia (Foto: Ghazali Dasuqi/detikcom)
Situbondo -

Tumpukan kerangka manusia ditemukan di sisa kebakaran hutan Baluran, Situbondo. Sebagian tulang belulang itu masih terbungkus kantong plastik warna hitam. Tidak ada aksesoris maupun bekas pakaian, yang bisa dijadikan petunjuk untuk mengungkap identitas mayat tersebut.

Polisi masih terus melakukan penyelidikan terkait temuan kerangka manusia yang diduga berjenis kelamin perempuan itu. Bahkan untuk mengungkap identitas korban, kepolisian Situbondo berencana mendatangkan Labfor Polda Jatim.

"Yang jelas upaya penyelidikan masih terus berlangsung. Tulang belulang tetap diamankan di RSUD Asembagus," kata Kapolsek Banyuputih, AKP Heru Purwanto kepada detikcom, Jumat (7/8/2020).

Langkah awal pihaknya akan bekerja ekstra mengungkap identitas mayat yang sudah tinggal kerangka dan diduga berjenis kelamin perempuan itu. Menurut Heru, pihaknya bahkan berencana akan segera mendatangkan tim Labfor Polda Jatim, untuk membantu mengungkap identitas kerangka tersebut.

"Saat bersamaan, kami juga terus melakukan woro-woro kepada masyarakat barangkali ada keluarganya yang hilang. Walaupun sejauh ini belum ada yang melapor," tandas mantan Kapolsek Banyuglugur itu.

Upaya menyingkap identitas mayat itu dianggap penting, sebelum polisi mengembangkan penyelidikannya. Termasuk terhadap penyebab kematian korban. Ditambahkan Heru, hingga saat ini pihak kepolisian belum bisa menyimpulkan apakah korban tewas dibunuh, atau mati karena sebab yang lain.

"Sementara kami masih fokus menyelidiki identitas mayat korban dulu. Jadi belum tahu, apa korban ini orang gila atau siapa. Termasuk penyebab kematiannya juga masih belum," pungkas Heru Purwanto.

Sebelumnya, kerangka manusia ditemukan di sisa kebakaran hutan Taman Nasional (TN) Baluran, Situbondo. Mayat yang sudah tinggal tulang itu terbungkus kantong plastik warna hitam.

Sebagian plastik pembungkus mayat juga ikut meleleh, dampak dari kebakaran hutan. Polisi langsung melakukan olah TKP, sebelum mengevakuasi kerangka itu ke RSUD Asembagus.

Polisi menduga, kerangka manusia yang ditemukan di tepi jalan raya KM 239 arah Surabaya, di Kecamatan Banyuputih, itu berjenis kelamin perempuan. Sebab, ada sisa rambut berukuran panjang yang melekat di batok kepalanya.

(fat/fat)