Hutan Baluran Terbakar, Polisi Ancam Tindak Tegas Pelaku

Ghazali Dasuqi - detikNews
Kamis, 06 Agu 2020 14:40 WIB
Hutan Baluran terbakar
Hutan Baluran terbakar (Foto: Ghazali Dasuqi/detikcom)
Situbondo -

Belum 24 jam, hutan Baluran kembali terbakar. Kobaran api membakar sekitar 8 hektar lantai hutan jati yang berlokasi di Kecamatan Banyuputih. Dugaan sementara, kebakaran hutan Baluran ini dipicu ulah orang tidak bertanggung jawab.

Di antaranya dengan membuang puntung rokok sembarangan di area hutan, hingga memicu terjadinya kebakaran. Karena itu, polisi mengancam akan menindak tegas setiap orang yang memicu kebakaran di kawasan hutan.

"Di antara dugaannya memang itu (Buang puntung rokok sembarangan, red). Makanya, kami sudah berkoordinasi dengan pihak BKSDA agar memperketat pengawasan. Termasuk kepada orang-orang yang biasa keluar masuk hutan," kata Kapolsek Banyuputih, AKP Heru Purwanto kepada detikcom, Kamis (6/8/2020).

Menurut Heru, di musim kemarau seperti sekarang kawasan hutan TN Baluran memang rawan terjadinya kebakaran. Di antaranya, karena semak belukar dan dedaunan yang berjatuhan ke lantai hutan kondisinya kini cukup kering. Sehingga mudah tersulut api dan memicu kebakaran.

"Kami juga meminta agar pihak BKSDA memperbanyak imbauan di titik-titik spot strategis, agar warga ikut menjaga hutan Baluran. Termasuk dengan tidak buang puntung rokok sembarangan," papar mantan Kapolsek Banyuglugur itu.

Heru sendiri memastikan, pihaknya akan mengintensifkan patroli di kawasan hutan, untuk mencegah terjadinya kebakaran. Selain itu, pihaknya juga akan melakukan tindakan tegas kepada warga yang menjadi pemicu terjadinya kebakaran kawasan hutan. Sebab, papar dia, tindakan tersebut merupakan perbuatan melanggar hukum.

"Kalau sampai ada yang tertangkap tangan jadi pemicu kebakaran, pasti akan kami tangkap. Kami akan tindak tegas sesuai hukum yang berlaku," tegas AKP Heru Purwanto.

(fat/fat)