Hutan Baluran Situbondo Kembali Terbakar

Ghazali Dasuqi - detikNews
Kamis, 06 Agu 2020 13:38 WIB
Hutan Baluran terbakar
Hutan Baluran Situbondo (Foto: Ghazali Dasuqi/detikcom)
Situbondo -

Belum 24 jam, hutan kawasan Taman Nasional (TN) Baluran Situbondo kembali lagi, Kamis (6/8/2020). Kali ini, kebakaran hutan Baluran terjadi di dekat titik tinjau T-12 Puslatpur Marinir Baluran. Kobaran api menghanguskan semak belukar dan dedaunan kering di lantai hutan setempat.

"Kebakaran itu diketahui saat tadi kami melakukan patroli. Kami langsung berkoordinasi dengan pihak BKSDA dan Koramil untuk melakukan pemadaman," kata Kapolsek Banyuputih, AKP Heru Purwanto kepada detikcom.

Insiden kebakaran hutan ini terjadi sekitar pukul 10.30 Wib tadi. Kali ini, kebakaran terjadi di kawasan huan tepi jalan raya pantura KM 235 arah Surabaya, tepatnya di Grid 25 dekat Pos tinjau T12 Puslatpur Marinir Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih. Kebakaran itu menghanguskan lantai lahan hutan hingga sekitar 5 hektar.

Mengetahui ada kebakaran, petugas gabungan mulai dari Polsek, Koramil Banyuputih, TN Baluran, dan Masyarakat Peduli Api Baluran langsung berdatangan ke lokasi. Dengan peralatan manual, petugas berusaha melakukan pemadaman. Setelah hampir satu jam, api akhirnya berhasil dipadamkan.

"Untuk penyebab kebakaran itu masih dalam penyelidikan. Yang pasti, tidak ada korban jiwa maupun cedera dalam musibah ini. Lokasi kebakaran juga jauh dari pemukiman penduduk," tegas AKP Heru Purwanto.

Tonton video 'Kebakaran Hutan California Makin Ngeri, 8.000 Hektare Hangus':

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)