Puntung Rokok Diduga Jadi Penyebab Hutan Baluran di Situbondo Terbakar

Ghazali Dasuqi - detikNews
Kamis, 06 Agu 2020 10:01 WIB
Hutan Baluran terbakar
Hutan Baluran terbakar (Foto: Istimewa)
Situbondo -

Hutan Baluran di Kecamatan Banyuputih, Situbondo, terbakar. Kobaran api menghanguskan tanah hutan jati seluas sekitar 3 hektar. Belum diketahui pasti penyebab kebakaran tersebut. Namun ada dugaan, kebakaran dipicu adanya unsur kesengajaan pihak tak bertanggung jawab.

"Bisa jadi ada pengendara yang melintas dan membuang puntung rokok sembarangan ke area hutan. Karena sekarang kondisi hutan sedang musim daun gugur dan kering, sehingga terjadi kebakaran," kata Koordinator Pusdalops BPBD Situbondo, Puriyono, Kamis (6/8/2020).

Keterangan yang diperoleh detikcom menyebutkan, insiden hutan Baluran terbakar terjadi Rabu (5/8) malam. Kobaran api tiba-tiba terlihat membakar lantai hutan jati dan semak belukar di tepi jalan raya pantura KM 250 arah Surabaya. Tepatnya di Blok Randu Agung/Grid 123 Resor Bitakol, Desa Sumberwaru Kecamatan Banyuputih.

Tahu ada kebakaran hutan, petugas gabungan bergegas menuju ke lokasi kebakaran. Petugas gabungan itu terdiri dari petugas TN Baluran, Masyarakat Peduli Api Baluran, dan anggota Koramil Banyuputih. Dengan peralatan seadanya, petugas berusaha memadamkan api agar tidak terus merembet ke lahan lain. Api baru berhasil dijinakkan sekitar satu jam kemudian.

"Total ada sekitar 3 hektar lahan hutan Baluran yang terbakar. Tidak ada korban jiwa maupun cedera. Selain itu, lokasi kebakaran juga jauh dari pemukiman penduduk. Jadi cukup aman dan terkendali," tandas Puriyono.

(fat/fat)