Pemicu Emak-emak Pengamen di Kota Mojokerto Berkelahi hingga Viral

Enggran Eko Budianto - detikNews
Rabu, 05 Agu 2020 18:13 WIB
Video perkelahian emak-emak pengamen di simpang 4 Sekarsari, Kota Mojokerto viral di media sosial. Perkelahian bukan dipicu perebutan wilayah mengamen.
Kepala Satpol PP Kota Mojokerto Heryana Dodik Murtono/Foto: Enggran Eko Budianto
Mojokerto -

Video perkelahian emak-emak pengamen di simpang 4 Sekarsari, Kota Mojokerto viral di media sosial. Perkelahian bukan dipicu perebutan wilayah mengamen.

Kepala Satpol PP Kota Mojokerto Heryana Dodik Murtono mengatakan, pihaknya mengamankan 13 pengemis dan pengamen yang terlibat perkelahian di simpang 4 Sekarsari pada Selasa (4/8). Dari jumlah itu, 7 pengamen dan pengemis tergolong anak-anak. Usia mereka 5-15 tahun.

Ia menjelaskan, perkelahian dalam video yang viral melibatkan dua kelompok pengamen dan pengemis warga Kota Mojokerto. Para pengamen dan pengemis itu berulang kali ditertibkan. Namun mereka masih saja beroperasi di simpang 4 Sekarsari dan simpang 4 Pemuda.

Dua kelompok pengamen dan pengemis itu saling bertetangga. Dodik menegaskan, perkelahian mereka di simpang 4 Sekarsari tidak dipicu perebutan wilayah.

"Mereka sudah ada konflik di tempat tinggalnya. Saling gosip antarperempuan. Kebetulan bertemu di jalan, lalu cekcok dan berkelahi," kata Dodik kepada wartawan di kantornya, Jalan Buayangkara, Rabu (5/8/2020).

Ia menjelaskan, diperlukan penanganan terpadu yang komprehensif agar tidak ada lagi pengamen dan pengemis di jalan-jalan Kota Mojokerto. Karena berulang kali ditertibkan, mereka tetap saja kembali turun ke jalan. Terlebih, mereka melibatkan anak-anak untuk mengamen dan mengemis.

"Kami berupaya mengubah mental mereka agar tidak lagi mengamen dan mengemis," terang Dodik.

Tonton video 'Aksi Heroik Emak-emak Lawan Begal di Bekasi Terekam CCTV':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2