Balai Kota Surabaya Jadi Ajang Goyang Seni, Mulai Reog Hingga Barongan

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Rabu, 05 Agu 2020 12:15 WIB
pekerja seni di surabaya
Reog digelar di Balai Kota Surabaya (Foto: Deny Prastyo Utomo)
Surabaya -

Digeruduk ratusan pekerja seni, Balai Kota Surabaya jadi lokasi ajang pertunjukan seni. Para pekerja seni yang tergabung dalam Aliansi Pekerja Seni Surabaya (APSS) tersebut menampilkan pertunjukan seni mulai dari reog hingga hajatan pengantin.

Dari pantuan detikcom, para pendemo menggelar aksi seninya di Jalan Sedapa Malam yang berada di samping Balai Kota Surabaya. Mereka menampilkan pertunjukan seperti reog Ponorogo dan barongan.

Mereka juga menata dekorasi pengantin di sepanjang Jalan Sedap Malam. Saat pertunjukan seni berlangsung, massa juga ikut bergoyang dan berjoget mengikuti irama lagu dari sekitar 10 mobil sound system yang dikerahkan.

pekerja seni di surabayaHajatan pernikahan (Foto: Deny Prastyo Utomo)

"Kami butuh jawaban Bu Risma. Segera terbitkan surat edaran izin hajatan," kata salah satu orator aksi di sela-sela musik di atas mobil komando, Rabu(5/8/2020).

Saat menampilkan kesenian, para pekerja seni ini terlihat total. Karena mereka sejak pandemi Corona, mereka sudah tidak manggung selama 5 bulan.

"Enak Bu Risma nggak nanggap saiki (enak Bu Risma tidak sewa hari ini), ini adalah aksi kita yang sudah 5 bulan tidak bekerja," kata Agus, salah satu pekerja seni.

Sementara itu, beberapa perwakilan pekerja seni sudah diperbolehkan masuk Balai Kota dan ditemui oleh perwakilan Pemkot Surabaya. Sedangkan ratusan polisi dengan memakai face shield terlihat berjaga di depan pagar Balai Kota Surabaya.

(iwd/iwd)