Ratusan Pekerja Seni Ngeluruk Balai Kota Surabaya

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Rabu, 05 Agu 2020 11:00 WIB
demo pekerja seni di balaikota surabaya tuntut izin dibuka
Pekerja seni di Surabaya berunjuk rasa (Foto: Deny Prastyo Utomo)
Surabaya -

Ratusan pekerja seni di Surabaya menggelar aksi di depan Balai Kota Surabaya di Jalan Sedap Malam. Massa membawa puluhan mobil sound system yang memenuhi lokasi aksi.

"Kami pelaku seni hampir 5 bulan kami tidak bekerja," kata salah satu orator di atas mobil sound system, Rabu (5/8/2020).

pekerja seni di surabayaFoto: Deny Prastyo Utomo

Dalam aksinya, massa pekerja seni membawa poster bertuliskan 'Kalau buat kebijakan tolong yang berbuah kebajikan, Anak bojoku nggak mangan Anakku nggak iso sekolah mati urip koyoku teko job orkesan tolong buka ijinnya, Kek 'ono ijin ben aku iso hak 'e hak 'e maneh, Izinkan kami berkarya rindu manggung sawer sego terop'.

Dalam aksi itu massa juga menampilkan kesenian reog dan juga kesenian barongan. Massa juga mengerahkan sekitar 10 mobil sound system yang memenuhi Jalan Sedap Malam.

Sebagian massa juga berkostum peran seperti suku Indian dan Gatotkaca. Selain itu, massa juga membawa mobil berisi hiasan dekor pengantin.

Hingga pukul 10.50 WIB, massa terus memenuhi Jalan Sedap Malam di dekat Balai Kota Surabaya. Orator dari atas mobil sound system terus berorasi.

Tonton juga 'Pandemi Corona, Menparekraf: Pekerja Seni akan Dapat BLT'

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)