Satgas COVID-19 Sebut 8 Hari Surabaya Sudah Hijau

Esti Widiyana - detikNews
Senin, 03 Agu 2020 20:40 WIB
Pemkot Surabaya dan BIN akan menggelar rapid test massal bagi seluruh karyawan PDAM Surya Sembada. Rapid test digelar setelah tiga karyawan dinyatakan positif Corona.
Wakil Sekertaris Gugus COVID-19 Surabaya, Irvan Widyanto (Foto: Amir Baihaqi/detikcom)
Surabaya -

Wali Kota Risma menyebut Surabaya sudah hijau dan tidak merah lagi. Hal itu disampaikan berdasarkan data dari https://covid-monitoring.kemkes.go.id/ Kemenkes.

Saat ditanya kenapa patokan hijau dari laman Kemenkes bukan laman COVID-19 pusat, Wakil Sekertaris Gugus Tugas Percepatan Penanganann COVID-19 Surabaya, Irvan Widyanto tetap menyebut jika emang sudah hijau. Bahkan lebih dari sebulan transmission of rate Kota Pahalawan ini hijau.

Transmission of rate yang dimaksud Irvan adalah angka penyebaran. Antara satu orang dengan orang lain penyebarannya atau risikonya sudah menurun.

"Tadi sudah disampaikan salah satu pakar epidemiologi data sampai dengan 26 Juni memang hijau untuk transmission of ratenya itu sudah di bawah 1 kita. Bahkan sampai dengan 8 hari kita sudah hijau," jelas Irvan di Balai Kota Surabaya, Senin (3/8/2020).

"Banyak patokan. Salah satunya dari hitungan epidemiologi sesuai data disebutkan bahwa itu sudah hijau," ujarnya.

Ketika ditegaskan Surabaya hijau ini apakah zona atau yang lainnya, Irvan melimpahkan ke penilaian masyarakat. "Silahkan yang menilai seperti apa yang jelas kita warnanya sudah hijau," ucapnya.

Sementara untuk tren kasus di Surabaya, dia menandaskan jika berbagai data yang sudah diterima mengalami tren penurunan. Terlebih terkait jumlah kasus dan ada kenaikan jumlah kesembuhan.

"Jadi di perumahan mewah pun trennya sudah menurun," kata dia.

(fat/fat)