Arus Balik Mudik Toron di Jembatan Suramadu Mulai Berdenyut

Faiq Azmi - detikNews
Minggu, 02 Agu 2020 18:31 WIB
Arus Balik Mudik Toron di Suramadu Lancar
Arus balik toron di Suramadu mulai ramai (Foto: Faiq Azmi/detikcom)
Surabaya -

Suasana arus balik usai toron dari Madura mulai ramai di jalur tol Suramadu arah Surabaya. Para pemudik tampak baru kembali dari kampung Madura setelah merayakan Hari Raya Idul Adha.

Pantauan di lokasi pada Minggu (2/8/2020) pukul 16.00 WIB, para pemudik Toron mulai berdatangan di pintu masuk Surabaya di Gerbang Tol Suramadu.

Berbeda pada saat keberangkatan pemudik khususnya di jalur roda dua menumpuk. Kali ini, jalur arus balik di jalur roda dua tampak ramai lancar tanpa ada kemacetan.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, AKBP Ganis Setyaningrum mengatakan untuk arus balik Toron waktunya bervariasi. Tergantung dari pemudik sendiri.

"Kalau arus balik prediksi kita puncaknya memang Minggu ini. Tapi ini kan long weekend, dari Jumat, Sabtu, Minggu. Mungkin ada yang sudah balik kemarin, tapi sejauh ini untuk arus balik memang lancar," tambahnya di lokasi.

Arus Balik Mudik Toron di Suramadu LancarArus Balik Mudik Toron di Suramadu Lancar/ Foto: Faiq Azmi

Ganis menjelaskan, arus balik Toron terkadang volumenya berbeda dari pada saat keberangkatan. Karena saat berangkat, banyak pemudik memilih berangkat pada H-1 Hari Raya Idul Adha.

"Jadi kalau berangkatnya kan diprediksi Kamis pagi dan sore puncaknya. Karena hari H-nya Jumat. Kita lihat memang ada pertambahan arus kendaraan dari Madura ke Surabaya sejak Sabtu dan Minggu," terangnya.

Untuk personel, Ganis menjelaskan ada petugas dari Satlantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak yang siap siaga di titik keluar tol Suramadu arah Surabaya.

"Personel kita siagakan, sejak hari Jumat. Untuk berjaga-jaga kalau ada penumpukan kendaraan," pungkasnya.

(fat/fat)