Jumlah Positif COVID-19 Klaster Karyawan Pabrik Udang di Situbondo Bertambah

Chuk Shatu Widarsa - detikNews
Minggu, 02 Agu 2020 09:55 WIB
Sebanyak 274 warga Bondowoso menjalani tes swab. Mereka merupakan karyawan pabrik pengolahan udang di Situbondo.
Ketua Gugus COVID-19 Bondowoso (Foto file: Chuk Shatu Widarsha/detikcom)
Bondowoso -

Pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Bondowoso terus bertambah. Tambahan tersebut semuanya merupakan karyawan pabrik di Situbondo atau bisa disebut klaster karyawan pabrik udang Situbondo.

Data dihimpun, per hari ini, Minggu (2/8/2020) ada tambahan 44 orang dinyatakan positif. Dengan rincian, 42 karyawan dan 2 non karyawan. Non karyawan dimaksud yakni 1 sopir armada pengangkut karyawan, 1 orang keluarga karyawan yang memiliki kontak erat.

Menurut Jubir Gugus Tugas COVID-19 Bondowoso, dr Mohamad Imron, ada kemungkinan jumlah terkonfirmasi positif itu akan bertambah terus. Meski hal itu tentu sangat tidak diharapkan. Untuk yang positif saat ini sudah dikarantina di Klinik Jantung Paru Bondowoso.

"Mudah-mudahan saja gak akan bertambah lagi. Hingga saat ini kami sudah melakukan tes rapid sekaligus swab pada para karyawan, serta oarang-orang yang memiliki kontak erat sebanyak 349 orang," jelas pria yang juga Kepala Dinas Kesehatan ini.

Dari jumlah itu, papar M. Imron, sudah keluar hasil swab-nya sebanyak 44 dan dinyatakan positif COVID-19. Sementara sisanya belum keluar. Karena pengambilan tes swab-nya memang dilakukan bertahap.

Berdasarkan data di Gugus Tugas COVID-19 Bondowoso, saat ini ada 79 terkonfirmasi positif. Dari jumlah itu, 35 sudah dinyatakan sembuh, 1 meninggal, dan 44 yang merupakan karyawan pabrik pengolahan udang yang ada di Situbondo.

Sebelumnya, jumlah pasien postif COVID-19 di Bondowoso beberapa hari terakhir naik signifikan. Semua tambahan pasien positif itu merupakan karyawan di sebuah industri di Situbondo.

Data terbaru, ada sekitar 1.941 warga berasal dari beberapa kecamatan di Kabupaten Bondowoso yang bekerja di pabrik pengolahan udang, yakni PT Panca Mitra Multi Perdana (PMMP) Situbondo.

Para karyawan pabrik yang berada di Desa Landangan, Kecamatan Kapongan, Situbondo, itu setiap hari diantar jemput menggunakan bus maupun armada lainnya yang memang disediakan perusahaan.

(fat/fat)