21 SMP di Surabaya Dibuka saat Pandemi, Pemkot akan Gelar Simulasi Tatap Muka

Esti Widiyana - detikNews
Sabtu, 01 Agu 2020 22:00 WIB
Kabag Humas Pemkot Surabaya Febriadhitya Prajatara
Humas Pemkot Surabaya (Foto: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Selama pandemi COVID-19, proses belajar mengajar dilakukan secara daring selama 5 bulan. Banyak para pelajar merindukan sekolah.

Kini para siswa, khususnya di Surabaya patut gembira. ebab, 21 SMP rencananya akan dibuka kembali. Namun, dari 21 SMP tersebut merupakan bagian dari pilot project.

Kabag Humas Pemkot Surabaya Febriadhitya Prajatara mengatakan, jumlah tersebut masih direncanakan mewakili lima wilayah di Kota Surabaya, dari berbagai macam kategori sekolah.

Sebelum dibuka, jelas Febri, akan digelar simulasi sekolah tatap muka, Senin (3/8). Tetapi tidak bersama murid untuk pelaksanaan proses belajar mengajar ketika datang hingga pulang.

"Bagaimana pengajaran di kelas, bagaimana di toilet semua akan diajukan dalam simulasi dan evaluasinya seperti apa, pelaksanaannya bagaimana, apakah memungkinkan atau tidak. Belum final, pelaksanaan mulai hari Senin. Jadi dilihat perkembangan simulasinya seperti apa," kata Febri kepada wartawan di Balai Kota Surabaya, Sabtu (1/8/2020).

Namun, tambah Febri, para guru harus dilakukan rapid test terlebih dulu. Dan rapid test akan digelar Senin besok saat akan simulasi. "Hari Senin pun rencana para guru yang bertugas akan dilakukan rapid test," ujarnya.

Dan tim yang akan melakukan simulasi yakni Dinas Pendidikan, Linmas, Satpol dan satgas. Dengan harapan ketika berjalan bisa baik pelaksanaannya. Untuk melihat sekolah sudah siap, akan dibuatkan laporan terlebih dulu.

"Seperti apa kondisinya, mana-mana sekolah yang benar-benar siap untuk pelaksanaan belajar mengajar SMP," pungkasnya.

(fat/fat)