Ini Alasan Santri dan Warga Salat Idul Adha Terpisah di Ponpes Tebuireng

Enggran Eko Budianto - detikNews
Jumat, 31 Jul 2020 14:49 WIB
ponpes tebuireng
Foto: Enggran Eko Budianto
Jombang -

Salat Idul Adha di Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng, Jombang digelar secara terpisah antara santri dengan masyarakat sekitar. Mekanisme ini juga berlaku untuk salat Jumat mulai hari ini.

Jubir Gugus Tugas Pesantren Tangguh Tebuireng Nur Hidayat mengatakan, salat Idul Adha tahun ini digelar berbeda dengan tahun-tahun lalu. Karena salat Hari Raya Kurban pagi tadi digelar di tiga tempat berbeda di pesantren ini.

Pihaknya menerapkan protokol kesehatan bagi semua jemaah. Sedikitnya 400 santri putra ikut menunaikan salat Idul Adha berjamaah tersebut.

ponpes tebuirengFoto: Enggran Eko Budianto

"Masjid utama Pesantren Tebuireng kami khususkan untuk santri dan pengurus. Sedangkan masyarakat sekitar kami siapkan lokasi salat di Masjid Ulul Albab yang berada di samping Pondok Putri," kata Hidayat dalam rilisnya kepada detikcom, Jumat (31/7/2020).

Sementara para santri putri menunaikan salat Idul Adha di lokasi ketiga. Yakni di kompleks Pondok Putri Tebuireng. Salat mereka dipimpin imam dan khatib perempuan.

Ia menjelaskan, mekanisme yang sama juga diterapkan untuk salat Jumat mulai hari ini. Kebijakan salat Jumat di dua lokasi berbeda ini diambil Pengasuh Pesantren Tebuireng lantaran aktivitas pembelajaran di pondok akan segera dimulai.

"Kami ingin memastikan bahwa seluruh jamaah salat bisa menjaga jarak fisik yang aman sesuai protokol kesehatan," tegasnya.

Masjid Ulul Albab Tebuireng dibangun di era kepemimpinan KH Yusuf Hasyim. Masjid ini merupakan hadiah dari Presiden Ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie saat Pesantren Tebuireng merayakan Satu Abad Pesantren Tebuireng pada 1999. Sebelum pandemi, masjid tersebut tidak difungsikan sebagai lokasi salat Jumat.

Tonton video 'Momen Presiden Jokowi Salat Idul Adha di Halaman Istana Bogor':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)