Bangkit dari Dampak COVID-19, UMKM di Jember Buka Usaha Kuliner Bersama

Yakub Mulyono - detikNews
Kamis, 30 Jul 2020 09:06 WIB
Dampak COVID-19, UMKM di Jember Buka Usaha Kuliner Bersama
UMKM di Jember buka usaha kuliner bersama (Foto: Yakub Mulyono/detikcom)
Jember -

Berusaha bangkit dari keterpurukan dampak pandemi COVID-19, sejumlah UMKM di Jember membuka usaha kuliner bersama. Ada sekitar 12 UMKM yang tergabung dalam usaha ini.

"Ini bagian dari upaya kami bersama 12 UMKM untuk kembali bangkit setelah sekian lama kita dihantam dengan wabah Corona. Wabah ini benar-benar kita rasakan dampaknya terhadap dunia usaha," kata pemilik tempat, Muhammad Nadif Ramadan, Kamis (30/7/2020).

Konsep usaha bersama di bidang kuliner ini adalah, masing-masing UMKM diberi fasilitas dapur untuk menyiapkan makanan. Dan masing-masing UMKM memiliki olahan makanan yang berbeda.

"Ada bakso, ada nasi goreng, ada sate, ada mie. Macam-macamlah pokoknya. Minumannya juga banyak pilihannya. Karena ini kan memang gabungan dari belasan UMKM tadi," kata Nadif.

Sebenarnya konsep dasar usaha ini mirip dengan pujasera. Hanya saja dikemas dengan modern dan berada di dalam kawasan perumahan elit, yakni Perunahan Argopuro, Kecamatan Kaliwates.

"Tapi meski ada di kawasan perumahan elit, kita jamin harganya sangat terjangkau. Untuk saat ini, antara Rp 12 ribu hingga Rp 25 ribu saja," ungkap Nadif.

Dia berharap, usaha bersama para UMKM ini bisa menjadi salah satu solusi untuk kembali menggerakkan roda perekonomian. Apalagi saat ini sudah masuk kehidupan era normal baru.

"Saatnya kita bangkit, kerjasama bareng, agar kita bisa maju bersama," pungkas Nadif.

Tonton video 'Jokowi Akan Pulihkan Sektor Swasta-UMKM Lewat APBN':

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)