Angka Pernikahan di Blitar Melonjak Tajam, Resepsi Diimbau Ditunda

- detikNews
Rabu, 29 Jul 2020 13:27 WIB
pernikahan di blitar
Pernikahan di Blitar (Foto: Erliana Riady)
Blitar -

Angka pernikahan di Kabupaten Blitar melonjak tajam. Namun karena masih banyak yang masuk zona merah, gugus tugas COVID-19 mengimbau pelaksanaan pesta resepsi ditunda dulu.

Kasi Bimas Kemenag Kabupaten Blitar Subkhan mengatakan lonjakan angka pernikahan terjadi sejak bulan Juni. Sampai hari ini tercatat sebanyak 852 pasangan telah menikah atau mendaftarkan diri akan menikah di awal Agustus 2020.

"Sejak Juni sampai sekarang itu melonjak sampai 852 pernikahan. Karena sejak pandemi Corona itu, hanya sekitar 1 perkawinan per kecamatan. Bahkan Mei kemarin itu hanya 28 perkawinan," jawab Subkhan dikonfirmasi detikcom, Rabu (29/7/2020).

Menurut Subkhan, lonjakan angka pernikahan ini tidak bisa dilepaskan pada keyakinan masyarakat. Mereka yakin akan keistimewaan melaksanakan pernikahan pada bulan Syawal.

"Bulan Juni ada di bulan Syawal, sehingga peristiwa nikahnya tinggi. Setelah 22 Juni-22 Juli, masuk di Selo, cenderung tidak ada pernikahan. Kemudian 23 Juli sampai sekarang, masuk bulan Dzulhijjah, mulai ada pernikahan. Jadi tingginya pernikahan adalah di bulan Juni, bertepatan di bulan Syawal," bebernya.

Ada lima kecamatan yang tercatat tinggi angka pernikahannya. Yakni Kecamatan Ponggok sebanyan 84, Gandusari 65, Srengat 57, Kanigoro 56 dan Nglegok 53. Padahal, kelima kecamatan itu masih masuk zona merah penularan virus Corona.

Untuk itu, Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Blitar mengimbau, masyarakat tetap disiplin menjalankan protap Corona. Yakni membatasi kehadiran keluarga dalam akad nikah hanya 30 orang jika di dalam gedung. Atau hanya 10 orang jika akad nikah dilaksanakan di dalam rumah mempelai.

"Dan sesuai instruksi Gubernur Jatim, perlu kami sampaikan, sebaiknya pelaksanaan pesta resepsi pernikahan ditunda dulu," tegas Jubir Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Blitar, Krisna Yekti.

Tonton video 'Haru! Pasien Positif Covid-19 di Pacitan Gelar Akad Nikah':

[Gambas:Video 20detik]



(Erliana Riady/iwd)