Kematian Tertinggi COVID-19 di Surabaya, Rata-rata 13 Jenazah Dimakamkan/Hari

Amir Baihaqi - detikNews
Selasa, 28 Jul 2020 18:44 WIB
TPU Keputih blok COVID-19
Makam blok COVID-19 di TPU Keputih (Foto file: Amir Baihaqi/detikcom)
Surabaya -

Jumlah kematian tertinggi COVID-19 di Surabaya mencapai 803 pasien dari data BNPB per 26 Juli. Jumlah itu mengantarkan Kota Pahlawan menempati posisi teratas 10 kabupaten/kota di Indonesia dengan kasus angka kematian tertinggi.

Pemkot Surabaya melalui UPTD Pemakaman DKRTH sendiri telah membuka pemakaman khusus COVID-19 di dua tempat yakni di TPU Keputih dan Babad Jerawat. Lalu berapa rata-rata perharinya jenazah pasien COVID-19 yang dimakamkan saat ini?

"Kalau sekarang sudah mulai menurun," ujar Kepala UPTD Pemakaman DKRTH Surabaya Aswin Agung kepada detukcom, Selasa (28/7/2020).

Aswin menambahkan, dulu saat virus Corona baru mewabah, sehari bisa menerima sekitar 15 hingga 20 jenazah yang dimakamkan di blok COVID-19. Bahkan pernah dalam sehari menerima hingga 30 jenazah. Namun akhir-akhir ini menerima sekitar 13 jenazah saja.

"Sekarang hanya belasan. Per harinya sekitar 13 jenazah. Itu 13 kami menerima bukan di TPU Keputih saja. Tapi semuanya di dua lokasi baik di Babad Jerawat maupun Keputih," terang Aswin.

Ditanya apakah ada kendala selama menerima jenazah COVID-19? Aswin mengaku tak ada. Sebab selama ini pihaknya hanya menerima jenazah dari rumah sakit dan langsung memakamkan dengan protokol kesehatan.

"Kalau pemakaman tidak ada kendala," pungkas Aswin.

Tonton video 'Nisan Warna-warni Pemakaman Covid-19 di Surabaya':

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)