Pantai Malang Selatan Mulai Uji Coba Protokol COVID-19

Muhammad Aminudin - detikNews
Senin, 27 Jul 2020 19:11 WIB
Pantai Balekambang Malang
Pantai Bale Kambang (Foto file: Muhammad Aminudin/detikcom)
Malang -

Pemkab Malang mulai melakukan uji coba pembukaan kembali destinasi wisata pantai di sepanjang jalur lintas selatan (JLS). Uji coba terkait penerapan protokol pencegahan COVID-19 dilakukan pengelola destinasi wisata.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang, Made Arya Wedhantara menyatakan, setidaknya ada enam destinasi wisata pantai yang tengah menjalani uji coba penerapan protokol pencegahan COVID-19. Yakni, Sendang Biru, Teluk Asmara, Watu Leter, Ungapan, Batu Bengkung, Nganteb, dan juga wisata pantai yang dikelola oleh PD Jasa Yasa yakni pantai Balekambang, Regent serta Ngliyep.

"Masa uji coba tengah berjalan, jika satu pekan betul-betul diterapkan anjuran gugus tugas untuk pencegahan COVID-19. Maka, secara langsung destinasi wisata tersebut direkomendasikan untuk kembali beroperasi," terang Made kepada detikcom saat dihubungi, Senin (27/7/2020).

Made mengungkapkan, mulanya Pengelolaan Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Malang menyodorkan enam destinasi wisata pantai untuk beroperasi kembali.

Kemudian gugus tugas memberlakukan uji coba prootokol kesehatanCOVID-19 selama satu pekan. "Perhutani mengajukan surat untuk membuka, kami sepakati untuk uji coba penerapan protokol kesehatan di beberapa pantai," ungkap Made.

Menurut Made, masa uji coba sekaligus untuk memberikan edukasi bagi pengelola beserta wisatawan, bahwa destinasi wisata tersebut sudah menerapkan protokol pencegahan COVID-19.

Untuk pengelola syarat utama yang harus dijalankan adalah menyediakan tempat cuci tangan, mewajibkan wisatawan mengenakan masker, dan jaga jarak selama berada di obyek wisata. "Masa uji coba sekaligus sosialisasi dan edukasi kepada pengelola dan wisatawan," tutur Made.

Made menambahkan, wisata pantai ini akan diawasi ketat oleh Tim Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Malang dan aparatur desa setempat. Pengawasan tersebut dilakukan agar wisatawan patuh dalam menerapkan protokol pencegahan COVID-19.

Seperti diberitakan, Pemerintah Kabupaten Malang menutup sementara destinasi wisata pantai di JLS. Langkah ini dikarenakan pengelola destinasi wisata dinilai tak menjalankan protokol pencegahan COVID-19. Perintah penutupan destinasi wisata pantai disampaikan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang melalui surat No 556/566/35.07.108/2020 yang ditujukan kepada seluruh pengelola pantai yang di sepanjang JLS.

Tonton video 'Puas Swafoto ala Film 'Up' di Pondok Cai Pinus Kuningan':

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)