15 Pekerja Pabrik Pengolahan Udang di Situbondo Positif COVID-19, 130 Tes Swab

Ghazali Dasuqi - detikNews
Senin, 27 Jul 2020 17:32 WIB
Meski menerapkan protokol kesehatan, penularan COVID-19 terjadi di PT Panca Mitra Multi Perdana (PMMP) Situbondo. Ada 15 karyawan pabrik pengolahan udang itu yang positif Corona.
Tes swab 130 karyawan PT Panca Mitra Multi Perdana (PMMP) Situbondo//Foto: Ghazali Dasuqi
Situbondo -

Meski menerapkan protokol kesehatan, penularan COVID-19 terjadi di PT Panca Mitra Multi Perdana (PMMP) Situbondo. Ada 15 karyawan pabrik pengolahan udang itu yang positif Corona.

Pabrik itu berada di Desa Landangan, Kecamatan Kapongan. Satu karyawan yang positif COVID-19 merupakan warga Kecamatan Mangaran, Situbondo. Sementara 14 karyawan lainnya asal Bondowoso.

"Sesuai data kami, karyawan PT PMMP yang terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak 15 orang. Satu dari Situbondo dan 14 dari Bondowoso. Kami masih menyelidiki awal penularannya," kata Plh Kepala Dinas Kesehatan Situbondo Akhmad Yulianto kepada wartawan, Senin (27/7/2020).

Untuk memperkecil potensi penyebaran COVID-19, siang tadi PT PMMP Situbondo melakukan tes swab terhadap 130 orang karyawan lainnya. Tes swab dilakukan secara acak berdasarkan hasil tracing yang telah dilakukan sebelumnya. Menurut Yulianto, tes swab itu langsung dikirim ke Surabaya agar segera diketahui hasilnya.

"Kita belum bisa menyimpulkan apakah itu tertular di pabrik atau di rumahnya. Semua masih dalam penyelidikan epidemologi. Versi mereka, selama ini PT PMMP sudah menerapkan protokol kesehatan. Tadi kita cek, fasilitas untuk protokol kesehatan memang sudah ada. Tapi ternyata masih jebol juga," imbuh Yulianto.

Sementara Bupati Situbondo H Dadang Wigiarto menyampaikan, tidak menutup kemungkinan akan dilakukan penutupan sementara terhadap pabrik tersebut. Penutupan tergantung pada hasil tes swab 130 karyawan itu.

Selanjutnya
Halaman
1 2