Waspada Kesehatan Mata Anak Selama Belajar Daring

Esti Widiyana - detikNews
Senin, 27 Jul 2020 15:53 WIB
Young boy, 10 years old, having his eyesight checked.
Foto: iStock
Surabaya -

Sudah 5 bulan lamanya para pelajar belajar daring karena pandemi COVID-19. Selama 3 hingga 5 jam belajar dengan melihat ponsel maupun laptop. Hal ini bisa membawa dampak buruk pada kesehatan mata anak.

"Efeknya mata jadi lebih capek karena dia harus aktivitas deket terus, kedua karena sinar komputer panas pasti mata akan panas, capek dan cepet kering," kata Divisi Mata Anak RS Mata Undaan Surabaya, dr Irma Praminiati SpM, Senin (27/7/2020).

Ada pula beberapa cara untuk menjaga kesehatan mata sang buah hati yang bisa dilakukan dengan cara sederhana. Seperti melakukan aktivitas secukupnya agar tidak menambah minus saat belajar daring.

Irma menjelaskan, terdapat berbagai faktor yang menambah minus pada mata anak. Dia menyarankan, saat selesai sekolah atau belajar daring harus beraktivitas di luar rumah. Seperti jalan pagi atau sekedar main di luar tapi bukan bermain ponsel.

"Jadi tidak semuanya seharian di depan laptop dan HP terus. Tetap harus ada waktu minimal setengah sampai satu jam dia harus keluar terpapar matahari," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2