Wali Kota Malang Belum Izinkan Tempat Hiburan dan Karaoke Buka

Muhammad Aminudin - detikNews
Jumat, 24 Jul 2020 08:25 WIB
pengecekan usaha karaoke di Kota Malang
Pengecekan tempat hiburan malam (Foto: Muhammad Aminudin/detikcom)
Malang -

Pemerintah Kota Malang belum mengizinkan tempat hiburan dan rumah karaoke beroperasi kembali. Alasannya, siapa yang menjamin protokol pencegahan COVID-19 benar-benar dijalankan. Seperti physical distancing.

Wali Kota Malang Sutiaji mengaku, belum ada rencana pengoperasian kembali tempat hiburan dan karaoke. Kecuali ada lampu hijau dari pemerintah pusat, otomatis jasa hiburan tersebut akan dibuka kembali.

"Siapa yang bisa jamin physical distancing, jika beroperasi kembali. Seperti bioskop seluruh Indonesia juga masih tutup," tegas Wali Kota Malang Sutiaji kepada detikcom, Kamis (23/7/2020).

Pemerintah Kota Malang menegaskan, bahwa Peraturan Wali Kota Nomor 19 Tahun 2020 tentang Pedoman Penerapan Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19 masih berlaku hingga hari ini. Karena itu, sektor usaha hiburan maupun karaoke belum direkomendasikan untuk beroperasi kembali.

Adanya tren kenaikan jumlah pasien terkonfirmasi COVID-19 terus mengalami peningkatan beberapa waktu terakhir menjadi pertimbangan mendasar bagi Pemkot Malang untuk merekomendasikan jasa usaha yang memiliki resiko tinggi penyebaran Corona.

"Pemkot Malang tetap mendengarkan aspirasi para pelaku usaha, tetapi harus memperhatikan kondisi yang ada. Apalagi perkembangan terakhir, terjadi kenaikan jumlah pasien terkonfirmasi virus COVID-19. Dan tentunya, kita juga harus harmonisasi dengan Malang Raya, artinya harus ada kesalarasan karena kita tidak berdiri sendiri," imbuh Kabag Humas Pemkot Malang Nur Widianto.

Tonton video 'DPRD DKI: Belum Tepat Jika Tempat Hiburan Malam Dibuka':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2