Dukung Lumbung Pangan Pemprov Jatim, Grab Jadi Mitra Distribusi

Faidah Umu Safuroh - detikNews
Kamis, 23 Jul 2020 11:20 WIB
Grab
Foto: Dok. Grab Indonesia
Jakarta -

Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyediakan layanan Lumbung Pangan Jatim untuk memasok kebutuhan pangan atau bahan pokok ke masyarakat. Kini, layanan sembako murah dengan harga di bawah pasar telah tersedia di 28 kabupaten dan kota di Jatim.

Sebelumnya ada 19 wilayah yang menjadi area lumbung pangan seperti, Kota Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Bangkalan, Kabupaten Malang, Kota Malang dan Kota Batu. Kemudian sembilan area perluasan berikutnya yakni di Kabupaten Madiun, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Magetan, Kabupaten Ngawi, Kota Kediri, Kabupaten Kediri, Kota Blitar, Kabupaten Blitar, dan di Kabupaten Jember.

"Ternyata dari datanya transaksi belanja online cukup besar. Di era transisi menuju new normal di tengah pandemi COVID-19, kita mendorong agar ada adaptasi baru yang dilakukan di masyarakat, termasuk dalam hal belanja bahan pangan," kata Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dikutip dari web Lumbung Pangan Jatim, Kamis (23/7/2020).

Lumbung Pangan Jatim merupakan program Pemprov Jatim untuk penyediaan barang kebutuhan pokok dengan harga di bawah pasar untuk masyarakat di tengah pandemi COVID-19. Ketua Tim Pelaksana Lumbung Pangan Jatim Mirza Muttaqien menyatakan siap melaksanakan arahan Gubernur yang ingin terus mengembangkan area layanan hingga hingga menjangkau seluruh wilayah di Jatim.

Selain memberikan manfaat kepada konsumen karena mendapat harga yang murah, masyarakat juga tidak perlu keluar rumah di tengah pandemi COVID-19. Lumbung Pangan Jatim juga bisa mempercepat serapan hasil panen petani karena meningkatnya volume permintaan.

"Efek dominonya, juga bisa membantu menciptakan lapangan pekerjaan bagi sebagian masyarakat. Di sisi lain, juga membantu pemerintah dalam menjaga stabilitas pasokan dan harga di masyarakat, sehingga gejolak harga dan laju inflasi bisa dikendalikan. Tapi yang lebih penting, di masa pandemi ini, masyarakat bisa tenang dan nyaman dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari," tandas Mirza.

Salah satu platform layanan antar Grab juga turut mendukung program Pemprov Jatim ini dengan menyediakan layanan aman dan cepat, GrabExpress. Di acara Launching Perluasan Area Layanan Barang Kebutuhan Pokok, Grab hadir untuk menerima langsung fasilitas Tas Lumbung Pangan yang diserahkan oleh Khofifah di Gedung Negara Grahadi.

Selain aman dengan fitur live tracking dan bukti pengiriman, fasilitas tas Lumbung Pangan melengkapi keamanan GrabExpress dalam mengantarkan barang sampai ke tangan konsumen. Dengan berbelanja kebutuhan pokok di Lumbung Pangan, pembeli dapat menikmati fasilitas gratis ongkir yang menjangkau 19 wilayah kabupaten/kota di Jawa Timur.

(akn/ega)