Cari Cacing, Pemancing di Blitar Malah Temukan Granat dan Amunisi

Erliana Riady - detikNews
Selasa, 21 Jul 2020 09:09 WIB
penemuan granat
Amunisi yang ditemukan (Foto: Istimewa)
Blitar - Sebuah granat nanas dan puluhan butir peluru atau amunisi ditemukan warga Blitar. Lokasi benda-benda itu terpendam di pinggir sungai saat penemu mencari cacing.

Penemu bernama Agus Harwanto (38), warga Dusun Sendang, Desa Tuliskriyo, Kecamatan Sanankulon, Kabupaten Blitar.

Awal penemuan itu terjadi pada Minggu (19/7) sekitar pukul 15.00 WIB. Saat itu Agus berjalan menyusuri sungai hendak mencari cacing. Tiba-tiba dia merasakan benda menancap di bawah sandalnya. Setelah dilihat, ujungnya seperti besi yang berkarat

Agus lalu mencungkilnya dari dalam tanah dan ternyata sebuah granat nanas. Tak hanya benda itu saja, namun Agus juga menemukan banyak peluru tersebar di lokasi itu. Agus baru mengumpulkan peluru-peluru itu pada Senin (20/7) sekitar pukul 14.00 WIB dan melaporkannya kepada pamong desa setempat. Pamong desa meneruskannya ke Polresta Blitar.

"Kami mengamankan lokasi penemuan bahan peledak tersebut dan menunggu dari Tim Jihandak Kompi Brimob Kediri tiba dilokasi," kata Kasatreskrim Polresta Blitar AKP Ardi Purboyo dikonfirmasi detikcom, Selasa (21/7/2020).

Tim jihandak Kompi Brimob Kediri tiba di lokasi sekitar pukul 17.00 WIB. Dan benda-benda temuan tadi dibawa ke markas Brimob di Kediri.

"Dari keterangan para saksi, pin di granat itu masih menempel. Lalu ujung peluru juga lancip. Tapi karena kondisinya sudah berkarat, kami tidak bisa memastikan masih aktif atau tidak. Itu nanti tahunya ketika disposal atau penghancuran," pungkasnya.

Tonton video 'Pengunjung Mal Paris Kalang Kabut Gegara Isu Pria Tenteng Senjata':

(iwd/iwd)