Bojonegoro Kini Juga Punya Physical Distancing Ala Starting Grid MotoGP

Ainur Rofiq - detikNews
Kamis, 16 Jul 2020 20:04 WIB
polres bojonegoro
Polisi membuat physical distancing ala starting grid MotoGP (Foto: Ainur Rofiq)
Bojonegoro -

Cegah penularan virus Corona, protokol jaga jarak pun dibuat di traffic light di Bojonegoro. Model physical distancing itu dibuat dalam bentuk starting grid mirip MotoGP.

Bagi pengguna jalan di Bojonegoro, mulai saat ini harus membiasakan diri akan adanya starting grid layaknya di sirkuit MotoGP.

Starting grid pengendara motor tersebut disiapkan setelah dilakukan pengecatan pada tiga titik ruas jalan di traffic light yakni di Jalan Veteran, Jalan Imam Bonjol, dan Jalan KH Hasyim Ashari Kota Bojonegoro.

Tim gabungan dari Satlantas Polres Bojonegoro dan Dishub hari ini telah melakukan proses pengecatan dan akan terus memantau para pengguna jalan untuk lebih tertib saat berhenti di perempatan maupun di pertigaan jalan.

"Kami telah menyiapkan grid bagi pengendara motor dan saat ini yang sudah siap baru di Jalan Veteran, Jalan Imam Bonjol, dan Jalan KH. Hasyim Ashari, diharapkan dengan adanya grid ini, pengguna motor lebih disiplin dan ini demi menjaga jarak saat berhenti pada sesama pengendara dalam kondisi pandemi Corona," ujar Kasat Lantas Polres Bojonegoro AKP Amirul Hakim kepada detikcom, Kamis (16/7/2020).

Amirul menambahkan grid yang diperuntukkan bagi pengendara motor ini bertujuan guna memberikan jarak aman bagi masyarakat satu dengan yang lain atau yang biasa disebut dengan istilah Physical Distancing. Dengan penempatan pada jarak yang aman diharapkan potensi penyebaran COVID-19 terhadap masyarakat pengguna jalan dapat diminimalisir.

"Kami terus mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk meningkatkan kedisiplinan dalam mencuci tangan, mengenakan masker, dan menjaga jarak karena hal tersebut merupakan vaksin COVID-19 ini," pungkas Amirul.

(iwd/iwd)