Gunung Raung Erupsi Skala Kecil

Ardian Fanani - detikNews
Kamis, 16 Jul 2020 19:12 WIB
Erupsi Skala Kecil, Status Gunung Raung Masih Dievaluasi
Gunung Raung erupsi skala kecil (Foto: Istimewa)
Banyuwangi -

Gunung Raung mengalami erupsi skala kecil. Selain itu mengembuskan abu setinggi hingga 100 meter dari puncak gunung. Berdasarkan pantauan CCTV Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung, terlihat asap pekat yang keluar dari puncak gunung setinggi 3.300 mdpl.

Menurut Kepala Pos Pemantauan Gunung Api (PPGA) Raung, aktivitas vulkanik Gunung Raung mulai mengalami peningkatan sejak Kamis (16/7/2020) dini hari. Peningkatan ini yakni berupa gempa embusan.

"Rekaman dari seismograf, tengah malam sampai dini hari terekam gempa-gempa hembusan. Tadi pagi sempat ada asap berwarna putih. Menjelang siang kecoklatan, dan setelah siang berwarna abu-abu. Tingginya 100 hingga 200 meter dari kawah," kata Mukijo kepada detikcom, Kamis (16/7/2020).

Aktivitas Gunung Raung ini, kata Mukijo, sebenarnya merupakan hal biasa. Namun erupsi ini merupakan fenomena aktivitas vulkanis pertama Gunung Ruang setelah erupsi besar tahun 2015 lalu.

Erupsi kembali tampak pukul 14.45 WIB. Saat erupsi terjadi, seismograf mencatat terjadi gempa dengan amplitudo 2 milimeter hingga 10 milimeter dengan durasi 1 menit.

Mukijo mengungkapkan, erupsi skala kecil tidak terjadi secara tiba-tiba. Tanda-tanda peningkatan aktivitas vulkanik berupa gempa embusan sudah terekam sejak tiga hari terakhir.

"Hari ini aktivitas semakin kuat, gempa embusan terjadi hampir setiap setengah jam sekali," tambah Mukijo.

Sebelumnya di tahun 2015 terjadi erupsi besar Gunung Raung yang disertai dengan gempa tremor dengan amplitudo 29 milimeter hingga 32 milimeter. Erupsi kala itu juga mengakibatkan hujan abu di wilayah Banyuwangi hingga ke daerah yang berjarak 30 km dari Gunung Raung.

(fat/fat)