Kaleidoskop 2019

Perjuangan 7 Pendaki Asal Singapura Saat Terjebak Kebakaran Gunung Raung

Ardian Fanani - detikNews
Selasa, 31 Des 2019 07:59 WIB
Para pendaki yang berhasil diselamatkan dari kebakaran Gunung Raung (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi - Awal bulan Oktober 2019, Banyuwangi digegerkan dengan terbakarnya hutan yang merupakan jalur pendakian Gunung Raung. Kebakaran itu menjebak 13 Pendaki. Tujuh di antaranya adalah WN Singapura.

Setelah terjebak hampir 12 jam, para pendaki berhasil dievakuasi oleh Tim SAR Gabungan. Mereka mencoba memadamkan api dan menjemput para pendaki. Meski lemas dan sempat mengalami sesak napas, namun ke 7 pendaki WN Singapura ini tetap tersenyum. Bahkan ketujuh pendaki itu terlihat riang gembira saat tiba di Sekretariat Pos Pendakian Gunung Raung di Dusun Wonorejo, Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru.

"Sudah semua dievakuasi di Sekretariat Pendakian Gunung Raung di Dusun Wonorejo," ujar Nugie, relawan di Sekretariat Pendakian Gunung Raung kepada detikcom, Sabtu (5/10/2019).

Penyebab kebakaran jalur pendakian Gunung Raung masih misterius. Namun disinyalir kebakaran sering terjadi di pos 7, lokasi yang saat ini terbakar.


Koordinator Base Camp Kalibaru Banyuwangi, Eko Wahyudianto mengatakan sejak satu bulan terakhir ini lahan di pos 7 sering terjadi kebakaran akibat kemarau panjang.

"Di area setempat hampir seluruhnya terdapat tanaman ilalang dan pohon cantigi semacam bonsai berukuran besar. Saat ini hampir seluruhnya tanaman itu mengering sehingga mudah terbakar," papar Eko kepada wartawan, Sabtu (5/10/2019).

Diakui Eko, beberapa hari lalu terjadi badai di puncak Gunung Raung. Hal inilah yang kemungkinan menyebabkan adanya gesekan kayu dan ilalang yang menimbulkan api. Api pun bisa merambat di kayu dan ilalang kering terbang ke kawasan tanaman ilalang yang mengering sehingga terbakar dan merembet ke tanaman lain.

"Bahkan saat ini, kebakaran mulai merembet ke sebelah barat di punggungan camp 7," tutur Eko.

Salah satu pendaki asal Singapura yang wajahnya terbakarSalah satu pendaki asal Singapura yang wajahnya terbakar (Foto: Ardian Fanani)


Pada saat evakuasi 13 pendaki itu, dari camp 7, para pendaki berhasil menerobos kobaran api hingga mencapai ke camp 4 untuk beristirahat.

"Untung saja di camp 4 itu ada beberapa orang pendaki yang akan naik, sehingga para korban dibantu makanan dan minuman dari mereka," ungkap Eko.

"Beberapa orang dari pendaki ada yang kondisinya ngedrop akibat kelelahan dan kurang tidur," imbuhnya.

Selanjutnya, mereka dibantu untuk turun bersama tim evakuasi hingga sampai di posko pintu masuk pendakian. Beberapa orang dari mereka mengalami luka lecet dan luka bakar.



Tonton juga video 7 Pendaki Asal Singapura Terjebak Kebakaran di Gunung Raung:

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)