Beredar Video Pria 3 Istri Ngaku Telah Menikahi Anak 12 Tahun di Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Kamis, 16 Jul 2020 17:18 WIB
pernikahan anak 12 tahun
Foto: Tangkapan layar
Banyuwangi -

Beredar video pengakuan tersangka WN (40) mempelai pria yang menikah dengan anak usia 12 tahun di Banyuwangi. Menurut WN, pernikahan siri itu dilakukan dengan tidak ada paksaan.

Ada dua video berdurasi sekitar 3 menit lebih telah menyebar di masyarakat. Video itu direkam saat ketua RT dan Kepala Dusun mendatangi rumah korban.

"Memang benar itu video dari warga yang ikut datang ke rumah korban. Ada pak RT dan Kadus yang datang melakukan klarifikasi," ujar Imam Ghozali, pendamping korban kepada detikcom, Kamis (16/7/2020).

Imam mengaku video itu menyebar tanpa dirinya ketahui. Sebab video itu menyebar setelah ada laporan ke Polsek Siliragung.

"Kami tidak tahu siapa yang merekam. Namun yang jelas seperti itu pengakuannya. Video itu menyebar setelah ada laporan ke Polsek," pungkasnya.

Dalam video berdurasi 2.54 detik 3.14 detik itu memperlihatkan suasana debat antara RT dan Kadus dengan mempelai pria serta ibu angkat korban. Ketua RT menjelaskan tentang larangan menikahi anak di bawah umur. Namun hal itu dibantah oleh mempelai pria dengan beralibi adanya kasus yang sama yakni anak di bawah umur yang menikah pula karena hamil.

"Kalau kasus anak MTs yang hamil itu bagaimana? Kan hampir sama dengan kasus ini (pernikahan siri dirinya)," ujarnya dalam video itu.

Ketua RT kemudian menjelaskan jika kasus pernikahan siri tersangka itu berbeda dengan kasus yang sebelumnya terjadi. "Beda itu, tapi yang jelas apa yang sampean lakukan itu salah. Salah bagi hukum. Apalagi ini anak masih kecil," ujarnya.

Ketua RT kemudian menanyakan apakah telah terjadi nikah siri antara tersangka dan korban. Mempelai pria yang saat ini sudah ditahan oleh aparat kepolisian ini mengakui telah menikah siri.

"Iya saya memilih jalur lain yakni nikah siri. Yang menikahkan adalah modin dan disetujui oleh ibu angkat ini," ujarnya dalam video tersebut.

Dugaan pernikahan dini dengan korban anak dibawah umur berusia 12 tahun terjadi di Banyuwangi. Seorang anak yng baru saja lulus Sekolah Dasar (SD) dinikahkan dengan orang tua berusia 40 tahun. Kasus ini dilaporkan oleh warga sekitar ke aparat kepolisian.

Keluarga korban datang mengadu ke ketua RT dan Kepala Dusun yang berada di Kecamatan Siliragung, Banyuwangi, Minggu (12/7/2020). Warga pun kemudian melaporkan masalah ini ke aparat kepolisian.

(iwd/iwd)