Kata Psikolog soal Pria Pindahkan Rumah dalam Semalam dengan Imajinasi

Amir Baihaqi - detikNews
Minggu, 12 Jul 2020 18:20 WIB
Viralnya Giman (47) yang mengaku memindahkan rumah dalam semalam membawa berkah bagi warga sekitar. Banyaknya pengunjung yang datang ke rumah Giman menambah penghasilan para pedagang.
Giman di Ngawi (Foto: Sugeng Harianto/detikcom)
Surabaya -

Giman (47), pria asal Desa Mengger Kecamatan Karanganyar, Ngawi mengaku bisa memindahkan rumah seorang diri dalam beberapa jam dengan memejamkan mata. Videonya yang beredar di media sosial kemudian viral dan menjadi perbincangan.

Psikolog Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya Herlan Pratikto mengatakan apa yang terjadi pada Giman memang bisa terjadi. Dan hal itu dibenarkan dari kajian psikokinesis atau kemampuan memanipulasi sebuah objek fisik hanya dengan pikiran semata-mata.

"Jadi ini kalau mau jujur saja believe or not, percaya atau tidak memang bisa dari sisi psikokinesis. Memang ada kemampuan-kemampuan itu. Karena itu terkait energi kalau pikiran itu aktif, terfokus, itu bisa memindahkan energi sehinga ketika ada energi bergerak itu tergantung mau digerakkan ke mana," ungkap Herlan kepada detikcom saat dikonfirmasi, Minggu (12/7/2020).

Meski demikian, lanjut Herlan, kemampuan menggerakkan atau memanipulasi suatu benda dengan psikokinesis biasanya hanya pada benda-benda yang relatif ringan. Untuk itu, pengakuan Giman yang mempu memindahkan rumah sangat sulit diterima.

"Cuma biasanya yang saya ketahui itu benda-benda yang relatif ringan. Sehingga kalau seperti memindahkan rumah dalam konteks psikokinetik itu rasanya sulit. Apalagi kalau rumah itu pakai pondasi. Kalau toh misalnya terbuat dari kayu kan rasanya kekuatan itu kalau di psikokinesis itu susah kalau menurut saya," jelas alumnus Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM) itu.

"Jadi kalau saya dari sisi psikokenises itu susah dipercaya. Cuma ketika ngomongnya terkait imajinasi, lalu dia menggerakkan dengan dibantu orang-orang itu kalau mau menggunakan logika, itu mestinya ada bekas-bekas yang bisa menunjukkan (rumah bergeser)," tambahnya.

Sedangkan untuk pengakuan Giman yang memindahkan rumah dengan dibantu orang atau mahluk gaib, juga bisa diterima. Namun, ia kembali menegaskan bahwa hal itu harus dibuktikan dengan adanya perpindahan rumah sebelum dan sesudahnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2