Santri Ponpes Gontor dan Warga Dua Desa Rapid Test, 166 Orang Reaktif

Charolin Pebrianti - detikNews
Sabtu, 11 Jul 2020 20:32 WIB
Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni
Bupati Ipong (Foto: Charolin Pebrianti/detikcom)
Ponorogo -

Santri Ponpes Gontor dan warga dua desa di Ponorogo rapid test massal. 1.000 Orang itu terdiri dari contact tracing kasus Panjeng, Patihan Kidul, Ponpes Modern Darussalam Gontor 2 dan kasus konfirm lainnya.

"Hasilnya ada 166 orang yang reaktif dan langsung diambil swab," tutur Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni kepada wartawan, Sabtu (11/7/2020).

Ipong menambahkan dari hasil tersebut dilakukan isolasi di beberapa kawasan. Seperti di Jalan Godang, Desa Patihan Kidul, Kecamatan Siman serta Desa Panjeng, Kecamatan Jenangan.

"Kita juga menyiapkan penambahan kapasitas perawatan di rumah sakit sebanyak 2 kali lipat serta menyiagakan ruang isolasi yang ada di desa-desa," imbuh Ipong.

Ipong juga menyampaikan terima kasih kepada Ponpes Gontor yang menyilahkan wisma sebagai tempat isolasi santri atau ustaz yang terindikasi COVID-19.

Sementara, saat ini ada penambahan empat kasus positif COVID-19 di Ponorogo. Terdiri dari pasien nomor 78, laki-laki berusia 16 tahun asal Batam. Merupakan santri Ponpes Gontor 2 yang datang dari Batam 17 Juni. Saat datang dia membawa surat rapid test dengan hasil non reaktif. Pada tanggal 5 Juli, muncul gejala batuk, pilek, panas. Karena itu keluarganya dari Ngawi menjemput untuk diperiksakan lebih lanjut ke RS. Saat ini pasien dirawat di RS dr Soeroto Ngawi.

Tonton juga 'Dua Santri Gontor Asal Sultra Positif Virus Corona':

[Gambas:Video 20detik]

Sedangkan pasien nomor 79 dan 80 tertular dari pasien konfirm sebelumnya. Dan pasien nomor 81, perempuan asal Mlarak bekerja di Surabaya. Tanggal 5 Juli pasien pulang dari Surabaya naik travel, dan langsung menuju RSUD karena mengeluh demam, batuk, pilek. Hasil rontgen didapatkan pneumonia dan pemeriksaan PCR dinyatakan positif COVID-19.

"Jangan lupa cuci tangan, pakai masker dan jaga jarak," tukas Ipong.

Data kasus konfirm COVID-19 di Kabupaten Ponorogo per Sabtu (11/7/2020) ada 81 pasien dengan rincian 33 orang sembuh, 3 orang meninggal dunia, 2 orang isolasi mandiri, 9 orang isolasi shelter dan 34 isolasi RS.

(fat/fat)