Bak Cuci Tangan Cegah Corona Isi 3 Bangkai Tikus, Pemkot Pasuruan: Orang Iseng

Muhajir Arifin - detikNews
Jumat, 10 Jul 2020 20:09 WIB
bak cuci tangan di pasuruan isi bangkai tikus
Bak cuci tangan di Pasuruan yang berisi bangkai tikus (Foto: Tangkapan layar)
Pasuruan -

Viral video bak air tempat cuci tangan yang disiapkan dalam upaya mencegah penularan virus Corona di Kota Pasuruan berisi 3 bangkai tikus. Lokasi bak itu memang di Kota Pasuruan.

"Bak sudah dibersihkan. Kita nggak tahu orang-orang kok sampai gitu, memasukkan tikus dalam bak," kata Kepala Diskominfo Kota Pasuruan, Kokoh Arie Hidayat, Jumat (10/7/2020).

Kokoh memandang kejadian itu sebagai ulah orang iseng. Ia memastikan itu hanya terjadi di satu tempat yakni di depan SD Pancasila, Jalan Hasanuddin, Kelurahan Karanganyar, Kecamatan Panggungrejo.

"Saya memandangnya biasa saja, mungkin orang iseng aja masukan ke situ. Nggak lah kalau unsur politis, itu cuman satu tempat. Mungkin kalau di banyak tempat kita curiga. Itu cuma di satu tempat," terangnya.

Ia memastikan pemkot tidak akan memperpanjang kasus tersebut. Apalagi keberadaan bangkai tikus di bak cuci tangan itu diketahui warga pada Rabu (8/7), dan sudah dibersihkan.

"Nggak ada bukti dan saksi juga siapa yang naruh. Di sana juga nggak ada CCTV," terangnya.

Menurut Kokoh sebanyak 170 tempat cuci tangan serupa ditempatkan di seluruh wilayah pusat kota untuk memudahkan warga mencuci tangan. Sebagian besar masih dimanfaatkan warga.

"Yang lain masih berfungsi dengan baik. Ada beberapa yang nggak ada air ya mungkin, tapi sebagian besar masih berfungsi," pungkasnya.

Sesuatu yang menjijikan terekam kamera di tempat cuci tangan yang disiapkan untuk warga dalam upaya mencegah penularan virus Corona di Kota Pasuruan. Di dalam bak cuci yang seharusnya berisi air itu ternyata ada 3 bangkai tikus.

Dalam video yang beredar di grup Whatsapp, yang disimak detikcom, Jumat (10/7), tampak 3 bangkai tikus di dasar bak yang kosong. Bak warna merah itu bertuliskan 'Pasuruan Kota Sehat'.

(iwd/iwd)