Viral Bak Cuci Tangan untuk Cegah COVID-19 di Pasuruan Isi 3 Bangkai Tikus

Muhajir Arifin - detikNews
Jumat, 10 Jul 2020 19:36 WIB
bak cuci tangan di pasuruan isi bangkai tikus
Bak cuci tangan yang berisi bangkai tikus (Foto: Tangkapan layar)
Pasuruan -

Viral video bangkai tikus berada di dalam bak cuci tangan yang disiapkan untuk warga mencegah penularan virus Corona di Kota Pasuruan. Bak cuci yang yang seharusnya berisi air itu ternyata ada 3 bangkai tikus di dalamnya.

Dalam video yang beredar di grup WhatsApp, tampak 3 bangkai tikus di dasar bak kosong. Bak warna merah itu bertuliskan 'Pasuruan Kota Sehat'.

Video yang disimak detikcom, Jumat (10/7/2020), itu juga menujukkan bahwa tempat cuci tangan itu berada di trotoar Jalan Hasanuddin 12, Kota Pasuruan.

"Perbuatan tangan2 jahil yg tdk peduli kesehatan. Di jln hasanudin depan sekolahan pancasila," tulis anggota grup.

"Ini klo orgnya gak tw terus di pakai cuci tangan tambah menimbulkan penyakit baru🤦🏻♂️," komentar anggota grup lainnya.

"GK punya akhlaq, anak e SETAN," timpal lainnya.

Kepala Diskominfo Kota Pasuruan, Kokoh Arie Hidayat, membenarkan kejadian dalam video itu terjadi di depan SD Pancasila, Jalan Hasanuddin, Kelurahan Karanganyar, Kecamatan Panggungrejo. Warga mengetahuinya pada Rabu (8/7).

"Bak sudah dibersihkan. Kita nggak tahu orang-orang kok sampai gitu, masukan tikus dalam bak," kata Kokoh.

Sejak Maret, 170 bak cuci tangan ditempatkan di puluhan titik di Kota Pasuruan untuk memudahkan warga mencuci tangan. Puluhan bak cuci tersebut bantuan dari berbagai pihak untuk Pemkot Pasuruan dalam upaya memfasilitasi warga agar meningkatkan pola hidup sehat mencegah penyebaran virus Corona.

(iwd/iwd)