15 Peserta Difabel Ikut UTBK di PTN Surabaya

Esti Widiyana - detikNews
Jumat, 10 Jul 2020 16:52 WIB
Belasan peserta dengan kebutuhan khusus  mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Surabaya. Di antaranya di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Universitas Airlangga (Unair).
Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)/Foto: Esti Widiyana
Surabaya -

Belasan peserta dengan kebutuhan khusus atau difabel mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Surabaya. Di antaranya di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Universitas Airlangga (Unair).

Direktur Pendidikan ITS, Siti Machmudah mengatakan, di kampusnya terdapat peserta difabel selama UTBK berlangsung pada 5-8 Juli 2020. Kebanyakan menggunakan kursi roda.

"Pada UTBK tahap satu ada 10 peserta difabel. Di antaranya satu tuna rungu dan sembilan pakai kursi roda," kata Machmuda saat dihubungi detikcom, Jumat (10/7/2020).

Panitia juga telah memfasilitasi kursi roda. Namun untuk peserta tuna rungu tidak ada fasilitas khusus.

"Untungnya tesnya tidak menggunakan suara, cuman kan kita nggak bisa komunikasi saja. Fasilitas sudah dipersiapkan sebelum UTBK," ujarnya.

Ada tambahan panitia yakni dua orang untuk mengurus peserta difabel. Lokasinya pun ada di tempat khusus yang lebih luas, yakni di Teknik Informatika.

Selanjutnya
Halaman
1 2