Satu Pedagang Positif COVID-19, Pasar Pahing Kota Kediri Ditutup

Andhika Dwi Saputra - detikNews
Jumat, 10 Jul 2020 10:23 WIB
pasar pahing kota kediri ditutup
Pedagang Pasar Pahing Kota Kediri dirapid test (Foto: Istimewa)
Kediri -

Pasar Pahing Kota Kediri ditutup selama tiga hari. Penutupan dilakukan setelah satu pedagangnya positif COVID-19.

Penutupan pasar tradisional tersebut dimulai pada 10 Juli dan akan kembali di buka pada 13 Juli. Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Kediri dr Fauzan mengatakan satu pedagang yang dinyatakan positif tersebut merupakan warga asal Kelurahan Singonegaran, Kota Kediri.

Menurut Fauzan, kondisi yang bersangkutan diketahui setelah dirinya mengeluhkan rasa sesak nafas, flu, sering batuk hingga disertai dengan demam tinggi.

"Karena mengeluhkan perihal tersebut, yang bersangkutan langsung dibawa oleh anaknya untuk memeriksakan diri di RS Aura Syifa Kabupaten Kediri tepatnya pada 7 Juli. Setelah diperiksa dan dilakukan rapid test didapatkan hasil reaktif. Setelah dinyatakan reaktif, langsung dilakukan swab dan hasilnya pun ternyata positif terpapar COVID-19," jelas dr Fauzan. Jumat (10/7/2020).

Sebagai langkah antisipasi penyebaran dan penularan, gugus tugas dalam waktu dekat akan melakukan tracing dan mencari siapa yang telah kontak erat dengan pedagang tersebut dan akan dilakukan rapid test.

"Sementara untuk kondisi pasar akan dilakukan penutupan dan akan dilakukan sterilisasi. Sedangkan yang bersangkutan untuk saat ini tengah mendapatkan perawatan di RSUD Gambiran II Kota Kediri," jelas Fauzan.

Diketahui, jumlah kasus positif COVID-19 di Kota Kediri untuk saat ini berjumlah 64 orang. Di mana dari total jumlah tersebut 49 dinyatakan sembuh, 1 meninggal dan 14 lainnya dalam masa perawatan.

Tonton video'4 Pedagang Positif Corona, Pasar Gembrong Ditutup!':

(iwd/iwd)