Catat! Pemkot Surabaya Bakal Gratiskan Persalinan Ibu Hamil Kurang Mampu

Amir Baihaqi - detikNews
Kamis, 09 Jul 2020 11:56 WIB
Pemkot Surabaya bakal memprioritaskan kesehatan ibu hamil di tengah pandemi COVID-19. Salah satunya dengan menggratiskan biaya persalinan dan perawatan saat melahirkan di rumah sakit rujukan.
Kepala Dinkes Surabaya Febria Rachmanita/Foto: Amir Baihaqi
Surabaya -

Pemkot Surabaya bakal memprioritaskan kesehatan ibu hamil di tengah pandemi COVID-19. Salah satunya dengan menggratiskan biaya persalinan dan perawatan saat melahirkan di rumah sakit rujukan.

Prioritas ini diberikan karena ibu hamil termasuk rentan terhadap penularan virus Corona. Kepala Dinkes Surabaya Febria Rachmanita mengatakan, pihaknya akan menggratiskan biaya perawatan kepada ibu hamil bagi yang tak mempunyai BPJS dan tak mampu. Sebab, pemkot saat ini telah bekerja sama dengan RSIA Kendangsari dan sejumlah rumah sakit rujukan lainnya.

Untuk itu, lanjut Febria, ia mengimbau kepada para ibu hamil untuk mengurus surat keterangan miskin melalui pengurus RT/RW setempat. Sebab, dengan surat itu kemudian akan diverifikasi dan akan didaftarkan PBI (penerima bantuan iuran).


"Kalau dia tidak memiliki BPJS dan tidak mampu dia bisa minta SKM (surat keterangan miskin). Dia bisa daftar melalui RT/RW, kemudian diverifikasi kelurahan dan Dinsos. Begitu keluar SKM tidak lama kemudian kita daftarkan ke PBI (Penerima Bantuan Iuran)," kata Febria dalam keterangan resminya yang diterima detikcom, Kamis (9/7/2020).

"Walau kita tidak menginginkan itu (sakit). Sehingga pada saat dia sakit, atau pada saat ibu hamil yang akan melahirkan itu bisa langsung terlayani. Intinya adalah kalau dia warga Surabaya, insyaallah tidak ada masalah," tambahnya.

Tak hanya menggratiskan biaya, menurut Febria, Pemkot Surabaya juga akan melakukan pemeriksaan awal dan deteksi dini kesehatan ibu hamil. Adapun pemeriksaan awal dan deteksi dini akan dilakukan di Puskesmas setempat.

Tonton juga 'Pemkot Surabaya Maksimalkan Teknologi untuk Proses Belajar dari Rumah':

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2