Tes IgG dan IgM Dinilai Lebih Akurat dari Rapid Test, Tapi...

Esti Widiyana - detikNews
Selasa, 07 Jul 2020 10:28 WIB
rs unair
RS Unair Surabaya/Foto: Esti Widiyana

Alfian mengatakan, tingkat akurasi tes IgG dan IgM lebih tinggi dibandingkan dengan rapid test. Namun tingkat sensitivitasnya tetap lebih tinggi PCR.

"Akurasi dinyatakan iya, dari pabriknya menyatakan lebih bagus karena menggunakan mesin," ujarnya.

Namun, alat ini masih belum banyak dipakai di RS. Bahkan, di RS Unair Surabaya sendiri belum melakukan pemeriksaan IgG dan IgM seperti rapid test maupun swab. Karena mempertimbangkan alat reagen yang harus habis di satu waktu.


"Kalau pakai alat itu masih baru beberapa RS sudah melakukan pemeriksaan. RS Unair belum, ada sih kalau mau melakukan itu saya pernah tanya dokter di lab. Cuman reagennya itu sekali buka harus habis dalam durasi tertentu. Kalau untuk tes massal bisa," jelasnya.

Dia juga mengatakan, jika tes IgG dan IgM ini tergolong masih baru. Ke depannya, bisa saja tes ini menggantikan rapid test karena tingkat akurasinya lebih tinggi.

"Bisa menggantikan rapid test karena sama yang diukur. Tapi ya alatnya susah dicari, karena itu alatnya perlu mesin khusus ndak semua RS ready dan memiliki. Saat ini yang terjangkau rapid test," pungkasnya.

Halaman

(sun/bdh)