Hari Pertama UTBK di Unair, Peserta Ada yang Datang Kepagian dan Terlambat

Amir Baihaqi - detikNews
Minggu, 05 Jul 2020 11:58 WIB
utbk unair
UTBK di Unair (Foto: Amir Baihaqi)
Surabaya -

Hari pertama pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Universitas Airlangga relatif berjalan lancar. Pelaksanaan UTBK sendiri dibagi dalam dua gelombang.

Adapun pelaksanaan gelombang 1 dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB - 11.00 WIB. Sedangkan gelombang 2 mulai pukul 14.00 WIB - 15.00 WIB.

Rektor Unair M Nasih mengatakan meski relatif lancar, namun pihaknya masih menemui kendala. Antara lain peserta dan pengantar yang datang terlalu pagi. Tak hanya itu peserta juga ada yang datang terlambat.

utbk unairPeserta UTBK yang rapid test di lokasi (Foto: Amir Baihaqi)

"Alhamdulillah pelaksanaan UTBK pertama ini menurut saya sangat sulit ini berjalan dengan bagus. Ada satu dua barangkali yang datang terlambat," ujar Nasih kepada wartawan, Minggu (5/7/2020).

Nasih menambahkan, meski ada peserta yang datang terlambat sesuai jadwal, pihaknya masih membolehkan masuk. Tak hanya itu, pihaknya juga tetap melayani sejumlah peserta yang rapid test juga.

"Tapi tetap bisa masuk karena datangnya sebelum pukul 09.00. Ada yang belum rapid ya kami layani dengan sebaik-baiknya," terang Nasih.

Salah satu peserta UTBK, Safitriningrum (19) asal Lamongan mengaku lega karena dirinya bisa dilayani rapid test dan akhirnya bisa mengikuti UTBK. Sebab dalam beberapa hari ini, dirinya gelisah dengan kebijakan rapid test.

"Ya saya lega karena sudah rapid dan hasilnya non-reaktif. Beberapa hari ini saya resah karena takut juga rapid karena habis sakit," tuturnya usai rapid test.

"Kalau saya ini ikut yang gelombang kedua," imbuh Safitri.

Tonton video 'Ujian Tulis SBMPTN, Peserta Harus Tau 5 Hal Ini':

(iwd/iwd)