Akhirnya Masjid Al Falah Gelar Jumatan Setelah 15 Pekan Salat Zuhur

Amir Baihaqi - detikNews
Jumat, 03 Jul 2020 13:56 WIB
masjid al falah akhirnya gelar salat jumat
Masjid Al Falah akhirnya gelar salat Jumat (Foto: Istimewa)

"Jadi setiap jemaah harus masuk bilik disinfektan, terus cek suhu, cek kelengkapan seperti yang wajib masker. Kami juga sarankan bawa sajadah. Tapi kami setelah diskusi dengan tim rasanya sajadah juga tidak banyak yang bawa," tuturnya.

"Akhirnya kami siapkan sajadah darurat. Jadi sajadah yang kami buat ukuran 60 x 60 yang dapat mencover kepala dan tangan itu bisa dipakai," imbuh Wirawan.

Tak hanya itu, saat akan dimulai Jumatan, pihak masjid hanya membuka satu pintu masuk. Sedangkan untuk alas kaki jemaah juga wajib dibungkus dengan kantong plastik.

masjid al falah akhirnya gelar salat jumatMasjid Al Falah akhirnya gelar Salat Jumat/ Foto: Istimewa

"Masuknya tadi satu pintu. Kemudian keluarnya kami buka empat pintu. Kami juga sediakan kantong plastik untuk membawa sandal para jemaah," tukasnya.

Wirawan menyebut salat Jumat hari ini setidaknya diikuti sekitar 800 jemaah. Pihak masjid memang sengaja tidak mengumumkan sebelumnya karena dikhawatirkan jemaah membludak.

"Jemaahnya tadi sekitar 800 orang. Kami memang sengaja tidak woro-woro. Karena khawatir euforia masyarakat langsung membludak. Saat ini kami evaluasi lagi karena kami yakin pekan depan pasti jemaah akan lebih banyak lagi dan sudah mulai kami umumkan," tandas Wirawan.


(fat/fat)