Pengamat Politik Sebut Risma Layak Jadi Menteri Jokowi

Amir Baihaqi - detikNews
Jumat, 03 Jul 2020 13:00 WIB
PSBB Surabaya Raya tidak diperpanjang dan tiga daerah sepakat menerapkan masa transisi menuju new normal. Untuk itu, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meminta warga menjaga kepercayaan dari pemerintah.
Wali Kota Risma (Foto: Esti Widiyana/detikcom)

Tak hanya berkomitmen ingin menuntaskan, Risma juga punya kepentingan untuk mengawal penggantinya nanti.

"Saya pikir beliau akan konsisten dengan pilihannya yang ingin menuntaskan jabatan wali kotanya. apalagi sudah berulangkali ditawari jawabannya juga sama. Menurut pengamatan saya beliau akan konsisten dengan pilihan untuk menuntaskan jabatannya di wali kota," tuturnya.

"Apalagi beliau juga berkepentingan mengawal suksesornya di pemkot sby saya pikir beliau akan tetap menolak jika ditawari," tandas pria yang juga dekan FISIP Universitas Trunojoyo Madura itu.

Sebelumnya, Wali Kota Risma mengaku telah mendapat tawaran menjadi menteri dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Namun ia menolak tawaran tersebut karena ingin menyelesaikan masa jabatan sebagai wali kota.

"Pada bulan September aku ketemu dengan Bu Mega. Aku ditawari untuk menjadi menteri. Tapi sudah sampaikan ke Ibu (Mega), aku ndak," kata Risma kepada wartawan di Balai Kota Surabaya, Rabu (23/10/2019).

Halaman

(fat/fat)